Contoh RPP MTs Kelas 7



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )

Satuan Pendidikan    : MTs ......................
Mata Pelajaran          : Akidah Akhlak
Kelas/Semester           : VII/1
Tahun Pelajaran       
Materi Pokok             : Akidah Islam
Alokasi Waktu           : 4x40’ (2xpertemuan)

A.   Kompetensi Inti
KI.1.  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI.2.   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan  lingkungan  sosial  dan  alam  dalam  jangkauan  pergaulan  dan keberadaannya
KI.3.  Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI.4.   Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B.    Kompetensi Dasar
1.1. Menghayati nilai-nilai aqidah Islam
2.1. Menampilkan  perilaku  orang  yang  mengimani  aqidah  Islam  dalam  kehidupan sehari-hari
3.1.  Memahami dalil, dasar dan tujuan akidah Islam
4.1.  Menyajikan fakta dan fenomena kebenaran aqidah Islam

C.   Indikator
1.   Menjelaskan pengertian aqidah Islam
2.    Mengidentifikasi dalil tentang aqidah Islam
3.    Menjelaskan dasar dan tujuan aqidah Islam
4.    Menjelaskan hubungan iman,islam,dan ihsan

D.   Tujuan Pembelajaran
Setelahpeserta didikmengamati,menanya,mengeksplorasi,menalar,dan merefleksi tentang Aqidah Islam, diharapkanpeserta didikmampu :
a.        Menghayati nilai-nilai Aqidah Islam
b.       Menampilkan perilaku orang yang mengimani aqidah Islam dalam kehidupan sehari-hari
c.        Memahami dalil, dasar dan tujuan akidah Islam
d.       Menyajikan fakta dan fenomena kebenaran aqidah Islam

E.    Materi pembelajaran
Pertemuan Pertama
1.   Dasar dan tujuan akidah Islam
a.   Pengertian akidah Islam
Menurut bahasa, akidah berasal dari Bahasa Arab,aqidat (ةديقع), artinya ”sesuatu yang berbuhul atau tersimpul secara erat dan kuat.” Jika disederhanakan secara bahasa, akidah berarti ikatan, kepercayaan” atau keyakinan. Akidah Islam berarti keyakinan dalam Islam.
Menurut istilah, akidah adalah pandangan, pemahaman, atau ide yang diyakini kebenarannya oleh hati berdasarkan dan sesuai dengan ajaran Islam yang berpedoman pada Al-Quran dan hadis.
Dengan demikian, apabila pandangan, pemahaman, atau ide yang diyakini kebenarannya oleh seseorang tersebut berdasarkan dan sesuai dengan Al-Quran dan hadis disebut akidah yang shahih (benar) atau akidah yang Islami. Sebaliknya, akidah yang tidak sesuai dengan Al-Quran dan hadis disebut akidah yang batil (salah) atau akidah nonIslami.
b.   Dasar dan sumber akidah Islam
Islam memiliki dasar-dasar akidah sendiri yang berbeda dengan dasar-dasar akidah dalam agama lain. Dengan dasar-dasar akidah tersebut, seseorang dikatakan berakidah Islam atau mukmin. Dasar-dasar akidah Islam termaktub dalam rukun iman yang enam, yaitu:
1. iman kepada Allah swt;
2. iman kepada malaikat;
3. iman kepada para nabi dan rasul;
4. iman kepada kitab-kitab;
5. iman kepada hari akhir/hari kiamat, dan
6. iman kepada qada dan qadar.
Sumber akidah Islam adalah al-Quran dan Hadits.
c.   Tujuan akidah Islam
Tujuan akidah Islam sebagai berikut.
a.  Melanjutkan akidah yang sudah ada sebelumnya Akidah yang didakwahkan oleh Nabi Adam as. dan oleh Nabi Muhammad saw. sama, yakni mempercayai Allah, malaikat, dan lain-lain.
b. Meluruskan akidah-akidah  sebelumnya  yang  diselewengkan  oleh para  penganutnya.
Umat para nabi sebelum Rasulullah saw. Telah menyelewengkan dan menyimpang dari akidah yang benar. Seperti keyakinan Nasrani bahwa Isa adalah Tuhan atau seperti keyakian Yahudi bahwa Uzair adalah anak Allah. Akidah Islam meluruskan keyakinan- keyakinan tersebut, bahwa keyakinan tersebut adalah salah. Isa hanyalah seorang rasul dan Uzair adalah seorang hamba yang shaleh.
c.  Mengesakan Allah swt
d. Menjelaskan mana akidah yang benar dan mana akidah yang salah.
e.  Memberikan petunjuk dan pedoman kepada umat Islam.
f.  Memberikan dasar bagi amal-amal perbuatan.

Pertemuan Kedua
2.   Dalil tentang dasar dan tujuan akidah Islam
a.  Q. S. Al-Baqarah: 2-3
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ
ذَٰلِكَ الْكِتَابُ لَا رَيْبَ ۛ فِيهِ ۛ هُدًى لِلْمُتَّقِينَ
الَّذِينَ يُؤْمِنُونَ بِالْغَيْبِ وَيُقِيمُونَ الصَّلَاةَ وَمِمَّا رَزَقْنَاهُمْ يُنْفِقُونَ
Artinya: Kitab itu (Al-Quran) tidak ada keraguan padanya, jadi petunjuk bagi orang-
orang yang bertakwa. (Yaitu) orang-orang yang beriman (percaya) kepada yang gaib, mendirikan sembahyang dan menafkahkan sebagian rezeki yang Kami
berikan kepada mereka.” (Q.S.Al-Baqarah: 2-3)

b. Q.S. an-Nisa:36
وَ اعْبُدُوا اللَّهَ وَ لا تُشْرِكُوا بِهِ شَيْئاً وَ بِالْوالِدَيْنِ إِحْساناً وَ بِذِي الْقُرْبى‏ وَ الْيَتامى‏ وَ الْمَساكينِ وَ الْجارِ ذِي الْقُرْبى‏ وَ الْجارِ الْجُنُبِ وَ الصَّاحِبِ بِالْجَنْبِ وَ ابْنِ السَّبيلِ وَ ما مَلَكَتْ أَيْمانُكُمْ إِنَّ اللَّهَ لا يُحِبُّ مَنْ كانَ مُخْتالاً فَخُوراً (36)

Artinya: Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apa
pun. Dan berbuat baiklah kepada kedua orang tuamu, kerabat dekatmu, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh, teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahayamu. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang- orang yang sombong dan membangga-banggakan diri.”  (Q.S. An-Nisa: 36)

c.  Q.S. al-An’am: 74
وَإِذْ قَالَ إِبْرَاهِيمُ لِأَبِيهِ آزَرَ أَتَتَّخِذُ أَصْنَامًا آلِهَةً ۖ إِنِّي أَرَاكَ وَقَوْمَكَ فِي ضَلَالٍ مُبِينٍ
Artinya: Dan ingatlah di waktu Ibrahim berkata kepada bapaknya Azar, Pantaskah kamu menjadikan berhala-berhala sebagai tuhan? Sesungguhnya aku melihat kamu dan kaummu dalam kesesatan yang nyata.” (Q.S. Al-An’am: 74)

3.   Hubungan antara iman, Islam, dan ihsan
Secara singkat dapat dikatakan bahwa iman berkaitan dengan akidah, Islam berkaitan dengan syariah,  ihsan  berkaitan  akhlak.  Ketiganya  merupakan  satu  kesatuan  yang  tidak  bisa dipisahkan.
Hubungan ketiganya dapat digambarkan seperti rumah. Iman merupakan pondasinya, Islam merupakan bangunannya, sedangkan ihsan adalah cat dan perlengkapan rumah yang lainnya. Rumah  tentu  saja  bukan  rumah  jika  hanya  pondasi.  Rumah  tidak  mungkin  berdiri  tanpa pondasi, kalaupun dipaksakan tanpa pondasi tidak akan bertahan lama. Pondasi ada, bangunan ada, tetapi jika tidak ada cat dan tidak dilengkapi dengan asesories lainnya, tentu tidak akan kelihatan bagus.
Dengan demikian, seorang muslim yang baik adalah seorang yang memiliki keyakinan yang kuat  dan  teguh,  melaksanakan  perintah  agama  dan  menjauhi  larangannya,  serta  berakhlak mulia dan menjauhi akhlak tercela.

4.  Dalil tentang hubungan antara iman, Islam, dan ihsan
وَعَدَ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ لَيَسْتَخْلِفَنَّهُمْ فِي الْأَرْضِ كَمَا اسْتَخْلَفَ الَّذِينَ مِنْ قَبْلِهِمْ وَلَيُمَكِّنَنَّ لَهُمْ دِينَهُمُ الَّذِي ارْتَضَىٰ لَهُمْ وَلَيُبَدِّلَنَّهُمْ مِنْ بَعْدِ خَوْفِهِمْ أَمْنًا ۚ يَعْبُدُونَنِي لَا يُشْرِكُونَ بِي شَيْئًا ۚ وَمَنْ كَفَرَ بَعْدَ ذَٰلِكَ فَأُولَٰئِكَ هُمُ الْفَاسِقُونَ


Artinya: Allah menjanjikan bagi orang-orang yang beriman di antara kamu dan mengerjakan
amal shaleh menjadi pemimpin di bumi sebagaimana ia telah menjadikan orang- orang dari sebelum mereka (kaum muslim dahulu) sebagai pemimpin, dan mengokohkan bagi mereka agama mereka yang Ia ridhoi bagi mereka, dan menggantikan mereka dari rasa takut (dengan rasa) tenang. Mereka menyembah (hanya) kepada-Ku. Mereka tidak menyerikatkan Aku dengan sesuatupun. Dan barangsiapa ingkar setelah itu, maka mereka itu adalah orang-orang yang fasik.” (Q.S. An-Nur: 55).

F.    Metode Pembelajaran
1. Pendekatan
Scientific:   mengamati,   menanya,   mengumpulkan   informasi,   mengolah   informasi,   dan mengkomunikasikan.
2. Model
Direct instruction (pembelajaran langsung).
3. Metode
Artikulasi (membuat atau mencari pasangan untuk mengetahui daya serap peserta didik).

G.   Media, alat, sumber belajar
1. Media
Multimedia berbasis ICT: slide power point.
2. Alat
Komputer/Laptop, LCD Proyektor, Sound System, Instalasi listrik.
3. Sumber pembelajaran
Kementerian  Agama.  2014.  Buku  siswa  Akidah  Akhlak  untuk  MTs  kelas  VII.  Jakarta: Kementerian Agama.

H.   Langkah-langkah pembelajaran
1. Pertemuan kesatu:
a.  Pendahuluan (12 menit)
a.  Menyapa dan mengucap salam.
b. Berdoa, presensi, dan apersepsi dengan mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman siswa atau pembelajaran sebelumnya.
c.  Pengkondisian fisik, mental, untuk mengikuti pembelajaran.
d.        Memberikan motivasi, menjelaskan tujuan dan manfaat materi pembelajaran.
e.  Menyampaikan tahapan kegiatan pembelajaran yang akan dilalui selama pertemuan, membagikan LKS, melakukan klarifikasi, melakukan penilaian).

b.  Kegiatan inti (90 menit)
Melakukan rangkaian kegiatan pembelajaran dengan pendekatan scientific dan dengan metode:
Mengamati
§  Siswa mendengarkan penjelasan materi tentang pengertian dan dasar akidah Islam.
§  Siswa mengamati contoh perilaku orang yang berakidah Islam serta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari.
Menanya
§  Melalui stimulus guru, siswa diberi tugas untuk membuat pertanyaan.
§  Dengan bimbingan guru, tanya jawab antara siswa dengan siswa dan mengklarifikasinya dengan bertanya kepada guru.
Mengumpulkan informasi
§  Siswa membaca dan mencari informasi yang ada di LKS dan buku siswa.
§  Siswa menginventarisir/mencatat contoh perilaku yang yang berakidah Islam.
Mengolah informasi/mengasosiasi
§  Siswa mendiskusikan materi yang telah diperoleh dengan teman sebangku.
Mengomunikasikan:
§  Siswa menyampaikan hasil masing-masing melalui media tulisan maupun lisan.
§  Siswa menceritakan hasil masing-masing di depan kelas

c.  Penutup (18 menit)
a.  Merangkum dan menyimpulkan materi pembelajaran secara bersama-sama.
b.  Melakukan refleksi oleh guru dengan melibatkan siswa tentang materi pembelajaran
c.  Memberikan umpan balik dan rencana kegiatan pembelajaran berikutnya
d.  Berdoa bersama dan menyampaikan salam.

2. Pertemuan kedua:
a.  Pendahuluan (12 menit)
a.  Menyapa dan mengucap salam.
b. Berdoa, presensi, dan apersepsi dengan mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman siswa atau pembelajaran sebelumnya.
c.  Pengkondisian fisik, mental, untuk mengikuti pembelajaran.
d.        Memberikan motivasi, menjelaskan tujuan dan manfaat materi pembelajaran.
e.  Bertanya kepada kelas atau individu tentang materi pengertian dan tujuan akidah Islam.
f.  Menyampaikan tahapan kegiatan pembelajaran yang akan dilalui selama pertemuan, membagikan LKS, melakukan klarifikasi, melakukan penilaian).

b.  Kegiatan inti (90 menit)
Melakukan rangkaian kegiatan pembelajaran dengan pendekatan scientific dan dengan metode:
Mengamati
§  Siswa membaca materi tentang dalil akidah Islam dan hubungan iman, Islam, dan ihsan.
§  Siswa mendengarkan penjelasan materi tentang dalil akidah
§  Islam dan hubungan iman, Islam, dan ihsan. Siswa menyimak ayat al-Qur’an yang dibacakan.
Menanya
§  Melalui stimulus guru, siswa diberi tugas untuk membuat pertanyaan.
§  Dengan bimbingan guru, tanya jawab antara siswa dengan siswa dan mengklarifikasinya dengan bertanya kepada guru.
Mengumpulkan informasi
§  Siswa membaca dan mencari informasi yang ada di LKS dan buku siswa.
§  Siswa mencari dan menulis ayat-ayat yang menjadi dalil akidah
§  Islam.
Mengolah informasi/mengasosiasi
§  Siswa menulis terjemah ayat al-Qur’an.
§  Siswa mendiskusikan materi yang telah diperoleh dengan teman sebangku.
Mengomunikasikan:
§  Siswa menyampaikan hasil masing-masing melalui media tulisan maupun lisan.
§  Siswa menceritakan hasil masing-masing di depan kelas.

c.  Penutup (18 menit)
a.  Merangkum dan menyimpulkan materi pembelajaran secara bersama-sama.
b.  Melakukan refleksi oleh guru dengan melibatkan siswa tentang materi pembelajaran
c.  Memberikan umpan balik dan rencana kegiatan pembelajaran berikutnya
d.  Berdoa bersama dan menyampaikan salam.

I.   Penilaian
1.  Penilaian sikap
a.   Jenis/ teknik penilaian      : Pengamatan
b.   Bentuk instrumen dan instrument

Lembar pengamatan sikap
No.
Aspek
Skor (1 - 4)
1
Tanggung Jawab
Berupaya menyelesaikan seluruh tugas yang diberikan
Menggunakan waktu secara efisien untuk mengerjakan seluruh tugas
Melaporkan setiap peristiwa yang memerlukan penanganan guru

2
Disiplin
Hadir tepat waktu
Mengikuti seluruh proses pembelajaran
Selesai tepat waktu

3
Kerja sama
Tidak mengganggu siswa lain
Membantu mempersiapkan dan merapikan peralatan pembelajaran

Total Skor

c.   Pedoman penskoran
1) Penskoran
Skor 4, jika seluruh indikator ditunjukkan oleh siswa Skor 3, jika tiga indikator ditunjukkan oleh siswa Skor 2, jika dua indikator ditunjukkan oleh siswa
Skor 1, jika hanya satu indikator ditunjukkan oleh siswa
2) Pengolahan skor
Skor maksimum                                 : 12
Skor perolehan siswa                         : SP
Nilai sikap yang diperoleh siswa       : SP/12 X 4
Rentang nilai sikap                           :
Nilai
Predikat
Nilai Sikap
0,00   ˂    Nilai         1,00
D

Kurang
1,00   ˂    Nilai         1,33
D+
1,33   ˂    Nilai         1,66
C-

Cukup
1,66   ˂    Nilai         2,00
C
2,00   ˂    Nilai         2,33
C+
2,33   ˂    Nilai         2,66
B-

Baik
2,66   ˂    Nilai         3,00
B
3,00   ˂    Nilai         3,33
B+
3,33   ˂    Nilai         3,66
A-

Sangat baik
3,66   ˂    Nilai         4,00
A


2.   Penilaian Pengetahuan
a.  Jenis/ teknik penilaian: Uji  tulis
b. Bentuk instrumen dan instrumen (sebaiknya dilampirkan)
Soal uji tulis
No.
Aspek dan Soal
Jawaban
1
Apa pengertian
akidah Islam?
Keyakinan yang diyakini kebenarannya oleh hati
berdasarkan dan sesuai dengan ajaran Islam yang berpedoman pada Al-Quran dan hadis.
2
Tuliskan enam dasar
akidah Islam?
1.  Iman kepada Allah
2.  Iman kepada malaikat Allah
3.  Iman kepada kitab Allah
4.  Iman kepada rasul Allah
5.  Iman kepada hari kiamat
6.  Iman kepada qada dan qadar Allah
3
Apa saja yang
menjadi sumber akidah Islam?
1.  Al-Quran
2.  Hadits
3.  Akal
4
Tuliskan sebuah ayat
al-Quran yang menjadi dalil akidah Islam!
ذَٰلِكَ الْكِتَابُ لَا رَيْبَ ۛ فِيهِ ۛ هُدًى لِلْمُتَّقِينَ
الَّذِينَ يُؤْمِنُونَ بِالْغَيْبِ وَيُقِيمُونَ الصَّلَاةَ وَمِمَّا رَزَقْنَاهُمْ يُنْفِقُونَ

5
Bagaimana hubungan
antara iman, Islam, dan ihsan?
Ketiganya   merupakan   satu   kesatuan   yang   tidak   bisa
dipisahkan.   Hubungan   ketiganya   dapat   digambarkan seperti rumah. Iman merupakan pondasinya, Islam merupakan bangunannya, sedangkan ihsan adalah cat dan perlengkapan rumah yang lainnya.


c.  Pedoman penskoran
1) Penskoran
Skor 4, jika jenis disebut secara benar dan lengkap
Skor 3, jika jenis disebut secara benar tetapi kurang lengkap
Skor 2, jika jenis disebut secara sebagian benar dan kurang lengkap
Skor 1, jika jenis disebut secara sebagian benar dan tidak lengkap
2) Pengolahan skor
Skor maksimum                                    : 20
Skor perolehan siswa                            : SP
Nilai sikap yang diperoleh siswa          : SP/20 X 4
Rentang nilai pengetahuan
Nilai
Predikat
0,00   ˂    Nilai         1,00
D
1,00   ˂    Nilai         1,33
D+
1,33   ˂    Nilai         1,66
C-
1,66   ˂    Nilai         2,00
C
2,00   ˂    Nilai         2,33
C+
2,33   ˂    Nilai         2,66
B-
2,66   ˂    Nilai         3,00
B
3,00   ˂    Nilai         3,33
B+
3,33   ˂    Nilai         3,66
A-
3,66   ˂    Nilai         4,00
A






3. Penilaian Keterampilan
a.  Jenis/ teknik penilaian: Uji unjuk kerja
b. Bentuk instrumen dan instrumen (sebaiknya dilampirkan)
No.
Aspek penilaian
Skor (1-5)
1
Menulis ayat
Tulis Q.S. an-Nisa:36!
وَ اعْبُدُوا اللَّهَ وَ لا تُشْرِكُوا بِهِ شَيْئاً وَ بِالْوالِدَيْنِ إِحْساناً وَ بِذِي الْقُرْبى‏ وَ الْيَتامى‏ وَ الْمَساكينِ وَ الْجارِ ذِي الْقُرْبى‏ وَ الْجارِ الْجُنُبِ وَ الصَّاحِبِ بِالْجَنْبِ وَ ابْنِ السَّبيلِ وَ ما مَلَكَتْ أَيْمانُكُمْ إِنَّ اللَّهَ لا يُحِبُّ مَنْ كانَ مُخْتالاً فَخُوراً (36)

2
Membaca ayat
Baca Q.S. an-Nisa:36 dengan tartil!

3
Terjemah ayat
Terjemahkan Q.S. an- Nisa:36 ke dalam Bahasa Indonesia!
Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apa pun. Dan berbuat baiklah kepada kedua orang tuamu, kerabat dekatmu, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh, teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahayamu. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga-banggakan diri.”
4
Menyimpulkan isi ayat
Ceritakan isi kandungan Q.S. an-Nisa:36 menggunakan bahasamu sendiri!
1.   Menyembah Allah.
2.   Dilarang menyekutukan Allah.
3.   Berakhlakul karimah.

c.  Pedoman penskoran
1) Penskoran
Skor 4, jika jenis disebut secara benar dan lengkap
Skor 3, jika jenis disebut secara benar tetapi kurang lengkap
Skor 2, jika jenis disebut secara sebagian benar dan kurang lengkap
Skor 1, jika jenis disebut secara sebagian benar dan tidak lengkap
2) Pengolahan skor
Skor maksimum                                    : 16
Skor perolehan siswa                            : SP
Nilai sikap yang diperoleh siswa          : SP/16 X 4
Rentang nilai pengetahuan
Nilai
Predikat
0,00   ˂    Nilai         1,00
D
1,00   ˂    Nilai         1,33
D+
1,33   ˂    Nilai         1,66
C-
1,66   ˂    Nilai         2,00
C
2,00   ˂    Nilai         2,33
C+
2,33   ˂    Nilai         2,66
B-
2,66   ˂    Nilai         3,00
B
3,00   ˂    Nilai         3,33
B+
3,33   ˂    Nilai         3,66
A-
3,66   ˂    Nilai         4,00
A


Mengetahui
Kepala Sekolah .................



( ___________________ )
NIP ..................................

......, ........................... 20...
Guru Mapel Akidah Akhlak



( ___________________ )
NIP ..................................


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perangkat Pembelajaran Kelas 8

Silabus Pembelajaran