Silabus Pembelajaran
SILABUS PEMBELAJARAN: AKIDAH AKHLAK
Mata Pelajaran : AKIDAH
AHLAK Satuan pendidikan : Madrasah Tsanawiyah
Kelas :
VII (Tujuh) Semester : Ganjil
KOMPETENSI INTI :
1.
Menghargaidanmenghayatiajaran
agama yang
dianutnya
2.
Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun,
percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.
Memahamipengetahuan (faktual,konseptual,
danprosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.
Mencoba,mengolah,dan menyaji dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, danmembuat) danranahabstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, danmengarang) sesuaidengan yang
dipelajari di skolahdansumber lain yang samadalamsudutpandang/teori
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI
POKOK
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
|
1.1.
Menghayati
nilai-nilai akidah Islam
1.2.
Meyakini sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah,
salbiyah, ma‘ani, dan ma‘nawiyah, sifat-sifat mustahil, serta
sifat jaiz Allah SWT.
1.3.
Menghayati sifat ikhlas, taat, khauf, dan tobat dalam kehidupan sehari-hari
1.4.
Menghayati adab salat dan zikir
1.5.
Menghayati kisah keteladanan Nabi Sulaiman a.s. dan umatnya
|
|
|
|
Observasi
Penilaian diri:
Penilaian Sejawat
Catatan Jurnal
|
|
|
|
2.1.
Menampilkan
perilaku orang yang mengimani akidah Islam dalam kehidupan sehari-hari
2.2.
Menampilkan perilaku mengimani
sifat-sifat wajib Allah
yang nafsiyah, salbiyah, ma‘ani, dan ma‘nawiyah, sifat-sifat mustahil, serta
sifat jaiz Allah SWT.
2.3.
Membiasakan perilaku ikhlas, taat, khauf, dan tobat dalam kehidupan sehari-hari
2.4.
Terbiasa menerapkan adab salat dan zikir
2.5.
Mencontoh kisah keteladanan Nabi Sulaiman a.s. dan umatnya
|
|
|
|
Observasi
Penilaian diri:
Penilaian Sejawat
Catatan Jurnal
|
|
|
|
3.1.Memahami dalil, dasar, dan tujuan akidah Islam
4.1.Menyajikan
fakta dan fenomena kebenaran akidah Islam
|
3.1.1.
Menjelaskan
pengertian akidah Islam
3.1.2.
Mengidentifikasi
dalil tentang akidah Islam
3.1.3.
Menguraikan
dasar-dasar akidah Islam
3.1.4. Menyimpulkan tujuan akidah Islam
3.1.5. Membandingkan hubungan unsur-unsur akidah
Islam (iman,islam,dan ihsan)
4.1.1.Menyajikan fakta dan fenomena
kebenaran akidah Islam.
|
Dalil, Dasar, Dan Tujuan
Akidah Islam
Fakta dan fenomena kebenaran Akidah
Islam
|
Mengamati:
·
Menyaksikan gambar, taangan
vedio tentang venomena kebenaran akidah Islam
·
Membaca dan menyimak ayat tentang akidah Islam
Menanya:
·
Secara berpasangan melakukan tanya jawab
tentang akidah Islam
·
Menuliskan pertanyaan tentang
akidah Islam
Mengeksplorasi:
·
Membaca buku siswa
dan buku sumber
materi tentang akidah Islam
·
Mengakses internet untuk
mendapatkan informasi dan bahan bacaan yang sesuai materi pembelajaran
·
Mendiskusikan dalil,
pengertian,dasar, dan tujuan akidah islam, unsur-unsur yang ada di dalamnya
(iman, islam,dan
ihsan),serta kebenaran akidah Islam
Mengasosiasi:
·
Menelaah dan menghubungkan
apa yang didapatkan dengan pengalaman yang dimiliki
·
Merumuskan kesimpulan makna dalil,
pengertian,dasar, dan tujuan akidah islam, unsur-unsur yang ada di dalamnya
(iman,islam,dan ihsan) tentang akidah islam,iman,islam,dan ihsan
·
Membuat kesimpulan
fenomena-fenomena tentang kebenaran akidah Islam
Mengkomunikasikan:
·
Presentasi hasil diskusi dan
analisis dalil tentang akidah
islam,iman,islam,dan ihsan,dalil dan hubungan antara satu dan
lainnya,serta fenomena-fenomena kebenaran akidah Islam
|
Tugas
· Mengumpulkan
gambar/ berita/ artikel yang sesuai materi ajar
Observasi
·
Mengamati
pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§
Kejelasan
dan kedalaman informasi yg
diperoleh
§
Keaktifan
dalam diskusi
§
Kejelasan
dan kerapian presentasi/resume
Portofolio
· Membuat paparan tentang materi ajar beserta contoh-contoh dilapangan
Tes
· Tes tulis
· Lisan
|
2-TM
(4
x 40)
|
·
Buku pegangan
siswa mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII,
·
Buku pedoman
guru mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII,
·
Buku Ensiklopedi Islam,
·
Al-Quran dan Tafsir,
·
Lingkungan alam yang
mendukung
·
Akses internet yang mendukung
|
|
3.2.
Mengidentifikasi sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah,
salbiyah, ma‘ani, dan ma‘nawiyah beserta bukti/dalil naqli dan aqlinya, sifat-sifat mustahil
dan jaiz bagi Allah
SWT.
4.2.Menyajikan
contoh fenomena-fenomena kehidupan yang muncul sebagai bukti dari sifat wajib,
mustahil, dan jaiz Allah SWT
|
3.2.1.
Menjelaskan pengertian sifat wajib
Allah yang nafsiyah salbiyah,ma’ani dan maknawiyah
3.2.2.
Mengidentifikasi dalil
tentang sifat
wajib Allah yang nafsiyah salbiyah,ma’ani dan maknawiyah
3.2.3.
Menguraikan pengertian sifat mustahil bagi Allah yang
nafsiyah salbiyah,ma’ani dan maknawiyah
3.2.4.
Membandingkan sifat wajib,sifat jais sifat mustahil Allah yang nafsiyah
salbiyah,ma’ani dan maknawiyah
3.2.5.
Menyimpulkan sifat-sifat
Allah yang harus dimengerti orang beriman
4.2.1.
Menunjukkan contoh fenomena-fenomena kehidupan yang
muncul sebagai bukti dari sifat wajib,mustahil,dan jaiz Allah Swt.
|
Sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma‘ani, dan ma‘nawiyah beserta
bukti/dalil naqli dan aqlinya, sifat-sifat mustahil dan
jaiz bagi Allah SWT.
Contoh fenomena-fenomena kehidupan
yang muncul sebagai bukti dari sifat wajib, mustahil dan jaiz
|
Mengamati :
·
Mengamati gambar-gambar dan atau video yang
berhubungan dengan fenomena-fenomena alam yang berhubungan denga sifat-sifat
Allah SWT.
·
Menyimak penjelasan guru tentang pengertian sifat wajib Allah yang nafsiyah salbiyah, ma’ani dan maknawiyah, sifat
mustahil,dan jaiz Allah SWT.
Menanya:
·
Melakukan tanya jawab tentang maksud dan makna
yang terkandung dalam gambar-gambar dan atau video yang berhubungan dengan
fenomena-fenomena alam yang berhubungan denga sifat-sifat Allah SWT.
·
Menanyakan ulang tentang
pengertian
sifat wajib Allah yang nafsiyah
salbiyah,ma’ani dan maknawiyah,sifat mustahil,dan jaiz Allah SWT.
Mengeksplorasi :
·
Membaca dari berbagai
sumber materi tentang sifat-sifat Allah SWT. Beserta dalil-dalilnya
·
Mendiskusikan
pengertian,contoh orang yang mengimani pengertian sifat
wajib Allah yang nafsiyah salbiyah,ma’ani dan maknawiyah,sifat mustahil,dan
jaiz Allah SWT.
·
Menggali dari berbagai
sumber/media tentang fenomena-fenomena kehidupan yang muncul sebagai bukti
dari sifat-sifat Allah SWT.
Mengasosiasi:
·
Saling mencocokkan rumusan
tentang pengertiansifat wajib Allah yang nafsiyah salbiyah,ma’ani dan
maknawiyah
·
Membuat peta konsep
tentangpembagian sifat wajib Allah yang nafsiyah salbiyah,ma’ani dan
maknawiyah
·
Menyimpulkan
contoh-contoh perilaku orang yang mengimani sifat-sifat Allah SWT.
·
Menyimpulkan fenomena-fenomena kehidupan yang
muncul sebagai bukti dari sifat-sifat Allah SWT.
Mengkomunikasikan:
·
Mempresentasikan
/menyajikan
contoh
tentang fenomena-fenomena kehidupan yang muncul sebagai bukti dari
sifat wajib, mustahil dan jaiz
|
Tugas
· Mengumpulkan
gambar/ berita/ artikel yang sesuai materi ajar
Observasi
·
Mengamati
pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§
Kejelasan
dan kedalaman informasi yg
diperoleh
§
Keaktifan
dalam diskusi
§
Kejelasan
dan kerapian presentasi/resume
Portofolio
· Membuat paparan tentang materi ajar beserta contoh-contoh dilapangan
Tes
· Tes tulis
· Lisan
|
4-TM
(4
x 40)
|
·
Buku pegangan
siswa mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII,
·
Buku pedoman
guru mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII,
·
Buku Ensiklopedi Islam,
·
Al-Quran dan Tafsir,
·
Lingkungan alam yang
mendukung
·
Akses internet yang mendukung
|
|
3.3.
Memahami
pengertian, contoh, dan
dampak positif sifat ikhlas, taat, khauf, dan tobat
4.3.
Menceritakan kisah-kisah yang
berkaitan dengan dampak positif dari perilaku ikhlas, taat,
khauf, dan tobat dalam fenomena kehidupan
|
3.3.1.Menjelaskan
pengertian ikhlas beribadah
3.3.2.
Mengidentifikasi dalil tentang taat
beribadah
3.3.3.
Menganalisis contoh khauf,
3.3.4.
Mendiskripsikan dampak positif tobat
3.3.5.Mengevaluasi
perilaku ikhlas
4.3.1.
Menceritakan
kisah/fenomena yang muncul berkaitan dengan perilaku ikhlas,taat,khauf,dan
tobat dalam kehidupan sehari-hari
|
Pengertian,contoh dan dampak
positif sifat ikhlas, taat, khauf, dan tobat.
Kisah-kisah yang berkaitan dengan
dampak positif dari perilaku ikhlas, taat, khauf dan tobat dalam fenomena
kehidupan
|
Mengamati
:
·
Mendengar penjelasan guru tentang pengertian
ikhlas, taat, khauf, dan
tobat
·
Mengamati contoh gambar/video tentang Akhlak Terpuji
Menanya
·
Melakukan tanya jawab pengertian
ikhlas, taat, khauf, dan
tobat
·
Melakukan
tanya jawab maksud dari gambar/video tentang akhlak terpuji
Mengeksplorasi:
·
Menggali informasti tentang pengertianikhlas,
taat, khauf, dan
tobat
·
Berdiskusi tentang pengertian
ikhlas, taat, khauf, dan
tobat
Mengasosiasi:
·
Tukar informasi tentang cara
melakukan ikhlas, taat, khauf, dan tobat
·
Membuat peta konsep tentang pengertiansifat
ikhlas, taat, khauf, dan
tobat
Mengkomunikasikan
·
mempresentasikan /menyajikan hasil
diskusi tentang pengertian ikhlas, taat, khauf, dan tobat
|
Tugas
· Mengumpulkan gambar/
berita/ artikel yang sesuai materi ajar
Observasi
·
Mengamati
pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§
Kejelasan
dan kedalaman informasi yg
diperoleh
§
Keaktifan
dalam diskusi
§
Kejelasan
dan kerapian presentasi/resume
Portofolio
· Membuat paparan tentang materi ajar beserta contoh-contoh dilapangan
Tes
· Tes tulis
· Lisan
|
3
TM
(6
x 40)
|
·
Buku pegangan
siswa mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII,
·
Buku pedoman
guru mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII,
·
Buku Ensiklopedi Islam,
·
Al-Quran dan Tafsir,
·
Lingkungan alam yang
mendukung
·
Akses internet yang mendukung
|
|
3.4.
Memahami adab
salat
dan zikir
4.4.
Mensimulasikan adab
salat dan zikir
|
3.4.1.Menjelaskan pengertian adab
salat
3.4.2
Mengidentifikasi dalil tentang adab salat
3.4.3
Menganalisis adab-adab salat
3.4.4
Mendiskripsikan ada- adab berdzikir
3.4.5.Mengevaluasi perilaku orang
yang mengamalkan adab sholat/dzikir
4.4.1
Mempraktikkan adab salat/zikir
|
Adab Salat Dan Zikir
|
Mengamati:
·
Menyimak penjelasan guru tentang adab salat dan
zikir mengamati adab salat dan zikir dengan video visual
Menanya:
·
Menanyakan ulang tentang adab salat
dan zikir
·
Melakukan tanya jawab terkait
dengan materi
adab salat dan zikir
Mengeksplorasi:
·
Menggali informasi tentang adab salat
·
berdiskusi tentang adab salat dan
zikir
Mengasosiasi:
·
Mengaitkan apa yang diperoleh
dan penjelasan guru.
·
Menyimpulkan hasil diskusi
tentang adab dandzikir
Mengkomunikasikan:
·
Mempresentasikan/menyajikan konsep
hasil diskusi
·
Mempraktikkan adab salat dan
zikir
|
Tugas
· Mengumpulkan
gambar/ berita/ artikel yang sesuai materi ajar
Observasi
·
Mengamati
pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§
Kejelasan
dan kedalaman informasi yg
diperoleh
§
Keaktifan
dalam diskusi
§
Kejelasan
dan kerapian presentasi/resume
Portofolio
· Membuat paparan tentang materi ajar beserta contoh-contoh dilapangan
Tes
· Tes tulis
· Lisan
|
3
TM
(6
x 40)
|
·
Buku pegangan
siswa mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII,
·
Buku pedoman
guru mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII,
·
Buku Ensiklopedi Islam,
·
Al-Quran dan Tafsir,
·
Lingkungan alam yang
mendukung
·
Akses internet yang mendukung
|
|
3.5.
Menganalisis kisah keteladanan
Nabi Sulaiman dan umatnya
4.5 Menceritakan
kisah keteladanan Nabi Sulaiman dan umatnya
|
3.5.1.
Menjelaskan kisah keteladanan Nabi
Sulaiman a.s.
3.5.2.
Mengidentifikasi hikmah kisah keteladanan nabi Sulaiman a.s.
3.5.3.
Menganalisis isi kisah keteladanan nabi Sulaiman
a.s.
3.5.4.
Mengevaluasi contoh orang/tokoh yang
meneladani sifat Nabi Sulaiaman a.s.
3.5.5.
Menyimpulkan isi kisah keteladanan nabi Sulaiman
a.s.
4.5.1. Menyajikan
cuplikan kisah-kisah keteladanan Nabi Sulaiman a.s.
|
Kisah
Keteladanan Nabi Sulaiman dan umatnya
|
Mengamati:
·
Memperhatikan tayangan kisah Nabi
Sulaiman dan umatnya
Menanya:
·
Memberi umpan balik tentang kisah
Nabi Sulaiman dan umatnya tersebut
Eksplorasi:
·
Menggali informasi tentang adab salat dan doa
melalui buku sumber,majalah, internet, lingkungan
·
Mendiskusikan keteladanan Nabi
Sulaiman
·
Mengidentifikasi keteladanan kisah
Nabi Sulaiman
Mengasosiasikan:
·
Menyimpulkan contoh-contoh
keteladanan nabi Sulaiman a.s. dari kisah-kisah yang dibaca
Mengkomunikasikan:
·
Menceritakan contoh
keteladanan nabi Sulaiman a.s.
|
Tugas
· Mengumpulkan
gambar/ berita/ artikel yang sesuai materi ajar
Observasi
·
Mengamati
pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§
Kejelasan
dan kedalaman informasi yg
diperoleh
§
Keaktifan
dalam diskusi
§
Kejelasan
dan kerapian presentasi/resume
Portofolio
· Membuat paparan tentang materi ajar beserta contoh-contoh dilapangan
Tes
· Tes tulis
· Lisan
|
3
TM
(6
x 40)
|
·
Buku pegangan
siswa mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII,
·
Buku pedoman
guru mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII,
·
Buku Ensiklopedi Islam,
·
Al-Quran dan Tafsir,
·
Lingkungan alam yang
mendukung
·
Akses internet yang mendukung
|
Terima kasih min artikelnya
BalasHapus