RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMP N/S
Mata
Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas
/Semester : VII/Genap
Materi Pokok : العنوان
Alokasi
Waktu : 16 JP ( 8Pertemuan)
A.
Tujuan
Pembelajaran
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini
peserta didik diharapkan dapat:
ª Menirukan
contoh ungkapan sederhana yang mengandung kata tanya dengan jawabannya yang benar.
ª Melafalkan
ungkapan sederhana yang mengandung kata tanya dan jawabannya dengan benar.
ª Melakukan
tanya jawab sesuai contoh ungkapan yang diprogramkan dengan benar.
ª Menyatakan,
menanya dan merespon dengan ungkapan sederhana dengan baik dan benar.
ª Menyampaikan informasi lisan dengan ungkapan sederhana
dengan baik dan benar
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
(IPK)
Kompetensi
Dasar (KD)
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi (IPK)
|
1.1 Menyadari pentingnya kejujuran dan percaya diri sebagai
anugerah Allah dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan
madrasah
|
1.1.1
Menjalankan
pentingnya kejujuran dan percaya diri sebagai anugerah Allah dalam
berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan madrasah
|
2.1 Menunjukkan perilaku jujur dan
percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan
sekolah
|
2.1.1
Memiliki perilaku
jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar
rumah dan sekolah
|
3.1 Mengidentifikasi bunyi kata, frase dan kalimat bahasa Arab
yang berkaitan dengan:
العنوان؛ بيتي؛
من يوميات الأسرة
baik secara lisan maupun tertulis
|
3.1.1
Melafalkan bunyi kata, frasa dan tulisan yang
diperdengarkan tentang topik: العنوان
3.1.2
Menunjukkan tulisan sesuai bunyi kata, frasa dan
kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan tentang topik: العنوان
3.1.3
Memperagakan
bunyi kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan tentang
topic العنوان
3.1.4
Menunjukkan gambar sesuai bunyi kata, frasa dan
kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan tentang topik العنوان
3.1.5
Membaca teks qira’ah dengan makkhraj yang benar serta
lancar.
3.1.6
Menerjemahkan teks qira’ah tentang العنوان
3.1.7
Menjawab pertanyaan tentang isi kandungan teks qira’ah dengan baik dan benar
3.1.8
Mengambil teladan/nilai-nilai islamiyyah dari
kandungan teks qira’ah serta menerapkannya dalam kehidupan
|
4.1 Mendemonstrasikan
ungkapan sederhana tentang topik:
العنوان؛ بيتي؛
من يوميات الأسرة
dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan
sesuai konteks
|
4.1.1
Menirukan contoh ungkapan sederhana yang mengandung
kata tanya dengan jawabannya yang
benar.
4.1.2
Melafalkan ungkapan sederhana yang mengandung kata
tanya dan jawabannya dengan benar.
4.1.3
Melakukan tanya jawab sesuai contoh ungkapan yang
diprogramkan dengan benar.
4.1.4
Menyatakan, menanya dan merespon dengan ungkapan
sederhana dengan baik dan benar.
4.1.5
Menyampaikan
informasi lisan dengan
ungkapan sederhana dengan baik dan benar
4.1.6
Menyusun teks sederhana tentang topic العنوان
dengan memerhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar
sesuai konteks
|
C.
Materi Pembelajaran
1.
Fakta:
ª المفردات
ª الحوار
ª التركيب
ª القراءة
ª الكتابة
ª التدريبات
للاستماع
2.
Konsep
ª Mengidentifikasi
bunyi kata, frase, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan العنوان
3.
Prinsip
ª Menyadari
pentingnya kejujuran dan percaya diri sebagai anugerah Allah dalam
berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan madrasah
ª Menunjukkan
perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial
sekitar rumah dan sekolah
4.
Prosedur
ª Menirukan
contoh ungkapan sederhana yang mengandung kata tanya dengan jawabannya yang benar.
ª Melafalkan
ungkapan sederhana yang mengandung kata tanya dan jawabannya dengan benar.
ª Melakukan
tanya jawab sesuai contoh ungkapan yang diprogramkan dengan benar.
ª Menyatakan,
menanya dan merespon dengan ungkapan sederhana dengan baik dan benar.
ª Menyampaikan informasi lisan dengan ungkapan sederhana
dengan baik dan benar
D.
Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan : Scientific
Learning
2.
Model Pembelajaran :
Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
E.
Media
Pembelajaran
1.
Media LCD projector,
2.
Laptop,
3.
Bahan Tayang
4.
Alat dan bahan
F.
Sumber
Belajar
1.
Buku paket Bahasa Arab kealas VII
Kurma 13.
2.
Kamus bahasa arab
3.
Benda-benda dilingkungan peserta
didik yang terjangkau
4.
Gambar-gambar yang sesuai
tema/topik
5.
Internet/VCD
G.
Langkah-langkah Pembelajaran
1.
Pertemuan Ke-1 ( 2 x 40 menit
)
|
Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v
Mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
v
Mengatur tempat duduk
v
Melihat kebersihan kelas,
v
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
v
Melakukan absensi,
v
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik
dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan
dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
ª Semester
Genap
v
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
Motivasi
v
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan
dipelajari.
v
Apabila materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai
dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
ª Mendengar (الاستماع)
ª Pembelajaran
kosakata ( المفردات) tentang العنوان
v
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
v
Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v
Memberitahukan materi pelajaran
yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v
Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan
KKM pada pertemuan yang berlangsung
v
Pembagian kelompok belajar
v
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
10
menit
|
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Orientasi peserta didik kepada
masalah
|
Mengamati
Peserta didik diberi motivasi
atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
ª
Pembelajaran
kosakata ( المفردات) tentang العنوان
dengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan
gambar/foto/tabel berikut ini
v Mengamati
Peserta
didik diminta pelafalan kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan tentang العنوان
Siswa
mengamati gambar sesuai dengan teks gambar yang disajikan
v Membaca
materi
dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
berhubungan dengan
ª Pembelajaran
kosakata ( المفردات) tentang العنوان
v Mendengar
Peserta
didik diminta melakukan pelafalan
kata, frasa dan kalimat
bahasa Arab yang diperdengarkan tentang العنوان
v Menyimak,
penjelasan
pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global tentang materi
pelajaran mengenai :
ª Pembelajaran
kosakata ( المفردات) tentang العنوان
untuk
melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
|
Mengorganisasikan peserta didik
|
Menanya
Guru memberikan kesempatan pada
peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang
berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan
belajar, contohnya :
v Mengajukan pertanyaan tentang
Siswa
melakukan tanya jawab dengan menggunakan
kata, frasa dan kalimat
bahasa Arab tentang العنوان
baik
secara individu maupun kelompok.
yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual
sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan
kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk
membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar
sepanjang hayat. Misalnya :
اِقْرَأ !
1. رَقْمُ مَحْمُوْلِىْ 081233456879
2. رَقْمُ تلفون بيتى (0341) 803254
3. عُنْوَانُ بَيْتِىْ فى شَارِع شَرِيْف
حُسَيْن رَقْم 9
4. رَقْمُ تِلْكَ السَّيَّارَة 1358
5. كم يَوْمًا في الأُسْبُوْع ؟ فِي الأسبوع
7 أَيَّام
|
Membimbing penyelidikan
individu dan kelompok
|
Mengumpulkan informasi
Peserta didik mengumpulkan
informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi
melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian,
v Membaca sumber lain selain buku
teks,
mengunjungi
laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca
artikel tentang
ª Pembelajaran
kosakata ( المفردات) tentang العنوان
v Mengumpulkan informasi
Mengumpulkan
data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna
menemukan
solusimasalah terkait materi pokok yaitu
ª Pembelajaran
kosakata ( المفردات) tentang العنوان
v Aktivitas
التدريبات على
المفردات
. اِخْتَرْأَصَحَّ
اْلأَجْوِبَة !
1. يَا عَزَّام ! ما رَقْمُ ... ؟
(0341) 587087 .
أ. تِلِيْفُوْنِكَ ب. مَحْمُوْلِكَ ج. بَيْتِكَ د.
مَدْرَسَتِكَ
2. أَنَا وَصَالِح جِيْرَان . بَيْتُ
صَالِح ... مِنْ بَيْتِىْ .
أ. قَرِيْب ب. بَعِيْد ج. جِيْرَان د. عُنْوَان
3. عنوان بَيْتِ مَحْمُوْد فِىْ ...
سُوْكَارْنُو ... خمسة
أ. شَارِع - رَقْم ج.
رَقْم - بَيْتِ
ب. رَقْم - شَارِع د. شَارِع - بَيْتِ
4. مالانج
...كَبِيْرَة فِي إِنْدُوْنِيْسِيَا
أ. مَكْتَبَة ب. مَدِيْنَة ج. قَرْيَة د. مَدْرَسَة
5. ... عُنْوَانُكَ ؟ عُنْوَانِىْ فِىْ
شَارِع بَاتُوْبَارَا رَقْم 43
أ. مَا ب. أَيْنَ ج. هَلْ د. مَنْ
6. يَا حِلْيَة ! ما رَقْمُ ... ؟
081234567890
أ. تِلِيْفُوْنِكَ ب. مَحْمُوْلِكَ ج. بَيْتِكَ د.
مَدْرَسَتِكَ
7. ...مَدْرَسَتُكَ ؟ مَدْرَسَتِىْ فِىْ
شَارِع بَانْدُوْنج رَقْم 7
أ. مَا ب. أَيْنَ ج. هَلْ د. مَنْ
8. مَا ... يَا مُحَمَّد ؟ أَنَا طَالِب
الْمدْرَسَة الْمُتَوَسِّطَة اْلإِسْلاَمِيَّة 1 مالانج
أ. مِهْنَتِي ب. بِطَاقَتِي ج. عُنْوَانِيْ د. بَيْتِىْ
9. مَدْرَسَتِىْ
فِىْ شَارِع بَانْدُوْنج رَقْم ... ( 7 )
أ. خَمْسَة ب. سبْعَة ج. ثَلاَثَة د. ثَمَانِيَة
10. بَيْتُ
عَزَّام مُحَمَّد فِىْ شَارِع بَاتُوْبَارَا رَقْم ... ( 4 ) مالانج
أ. أرْبَعَة ب. اِثنَان ج. تِسْعَة د.
ª
Siswa
diminta mencocokan kosakata berkut ini
ª Peserta didik diminta menyimak dan
menirukan pengucapan ujaran dengan tepat
ª Peserta didik
diminta mendengarkan kata-kata yang mirip pengucapannya
ª Peserta didik
diminta menyimak wacana sambil memperhatikan model ucapan guru/kaset/film
dan menirukan pelafalan dan intonasinya.
ª Peserta didik
diminta mencocokkan gambar dengan apa yang didengar..
ª Peserta didik
diminta melafalkan kalimat sesuai dengan model ucapan yang diperdengarkan
guru/kaset/film.
ª Peserta didik
diminta merangkai kata menjadi kalimat sesuai dengan kaidah mubtada’
(dhamir mufrad); ism isyarah+khabar (kata sifat) dan arah; dhamir mufrad
muttashil.
ª Peserta didik
diminta menyusun kata dan kalimat sederhana sesuai kaidah mubtada’ (dhamir
mufrad); ism isyarah+khabar (kata sifat) dan arah; dhamir mufrad muttashil
ª Peserta didik
diminta melafalkan kalimat sesuai dengan yang diperdengarkan.
ª Peserta didik
diminta mencoba mengungkapkan dan memahami kata yang menggunakan
kaidah mubtada’ (dhamir mufrad); ism
isyarah+khabar (kata sifat) dan arah; dhamir mufrad muttashil
ª Peserta didik
diminta membandingkan antara kalimat mubtada’ dan khabar terkait topik العنوان
ª Peserta didik
diminta menemukan makna kata dalam teks sesuai tema/topik العنوان
ª Peserta didik
diminta menyimpulkan isi wacana lisan maupun tulisan terkait
tema/topik العنوان
ª Peserta didik
diminta membedakan penggunakan kata untuk mu’annats dan mudzakkar
ª Peserta didik
diminta mencari informasi umum/tema/topik dari suatu wacana lisan/tulisan.
ª Peserta didik
diminta menemukan makna kata dalam teks
v
Mempraktikan
ª Peserta didik
diminta menyimpulkan isi wacana lisan maupun tulisan.
ª Peserta didik
diminta melafalkan kalimat sesuai dengan model ucapan yang diperdengarkan
guru/kaset/film.
ª Peserta didik
diminta merangkai kata menjadi kalimat sesuai dengan kaidah mubtada’ dan khabar dengan menggunakan angka 1-100
ª Peserta didik
diminta menyusun kata dan kalimat sederhana sesuai kaidah mubtada’ dan
khabar dengan menggunakan angka
1-100
ª Peserta didik
diminta Melafalkan kalimat sesuai dengan yang diperdengarkan.
ª Peserta didik
diminta Mencoba memahami dan
mengungkapkan kata yang menggunakan angka 1-100
ª Peserta didik
diminta mengungkapkan perintah dan berita tentang tema/topik العنوان
ª Peserta didik
diminta menyampaikan isi wacana tertulis sesuai tema/topik العنوان secara
lisan atau tulisan.
ª Peserta didik
diminta peserta didik diminta menyusun kata/frasa yang tersedia menjadi
kalimat sesuai dengan kaidah mubtada’ (dhamir mufrad); ism isyarah+khabar
(kata sifat) dan arah; dhamir mufrad muttashil
ª Peserta didik
diminta menyusun karangan sederhana sesuai tema/topik al-maraafiq wal
adawaat al-madrasiyah dan sesuai kaidah mubtada’ (dhamir mufrad); ism
isyarah+khabar (kata sifat) dan arah; dhamir mufrad muttashil
ª Peserta didik
diminta menyampaikan isi wacana sesuai tema/topik العنوان secara
lisan maupun tulisan.
ª Peserta didik
diminta menghafal kosa kata baru sesuai tema/topik العنوان
v Mendiskusikan
v Saling tukar informasi tentang :
ª Pembelajaran
kosakata ( المفردات) tentang العنوان
dengan ditanggapi aktif oleh
peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan
baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan
menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik
atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan
sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan
berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai
cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang
hayat.
|
Mengembangkan dan menyajikan
hasil karya
|
Mengkomunikasikan
Peserta didik berdiskusi untuk
menyimpulkan
v Menyampaikan
hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan,
tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan
sopan
v Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
ª Pembelajaran
kosakata ( المفردات) tentang
v Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan
v Bertanya
atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang
ª Pembelajaran
kosakata ( المفردات) tentang العنوان
v Menjawab
pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja
yang telah disediakan.
v Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Menganalisa & mengevaluasi
proses pemecahan masalah
|
Mengasosiasikan
Peserta didik menganalisa
masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: ……
v Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari
hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati
dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai
ª Pembelajaran
kosakata ( المفردات) t tentang العنوان
v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada
pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang
memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras,
kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta
deduktif dalam membuktikan :
ª Pembelajaran
kosakata ( المفردات) tentang العنوان
|
|
60
menit
|
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati
sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya
diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin
tahu, peduli lingkungan)
|
|
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan.
- Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang
sudah dilaksanakan.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik
yang selesai mengerjakan projek
dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
- Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam
bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
- Menyampaikan rencana pembelajaran pada
pertemuan berikutnya
|
10
menit
|
2.
Pertemuan Ke-2 ( 2 x 40 menit
)
|
Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v
Mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
v
Mengatur tempat duduk
v
Melihat kebersihan kelas,
v
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
v
Melakukan absensi,
v
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik
dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan
dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
ª Mendengar (الاستماع)
ª Pembelajaran
kosakata ( المفردات) tentang العنوان
v
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
Motivasi
v
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan
dipelajari.
v
Apabila materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini
dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan
tentang:
ª Keterampilan
menyimak dan berbicara (الحوار)
dan Pembelajaran
(التركيب)
tentang العنوان
v
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
v
Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v
Memberitahukan materi pelajaran
yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v
Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan
KKM pada pertemuan yang berlangsung
v
Pembagian kelompok belajar
v
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
10
menit
|
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Orientasi peserta didik kepada
masalah
|
Mengamati
Peserta didik diberi motivasi
atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
ª Keterampilan
menyimak dan berbicara (الحوار) dan Pembelajaran (التركيب)
tentang العنوان
dengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan
gambar/foto/tabel berikut ini
v Mengamati
Peserta
didik diminta pelafalan kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan tentang العنوان
Siswa
mengamati gambar sesuai dengan teks gambar yang disajikan
v Membaca
materi
dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
berhubungan dengan
ª Keterampilan
menyimak dan berbicara (الحوار) dan Pembelajaran (التركيب)
tentang العنوان
v Mendengar
Peserta
didik diminta melakukan pelafalan
kata, frasa dan kalimat
bahasa Arab yang diperdengarkan tentang
العنوان
v Menyimak,
penjelasan
pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global tentang materi
pelajaran mengenai :
ª Keterampilan
menyimak dan berbicara (الحوار) dan Pembelajaran (التركيب)
tentang العنوان
untuk
melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
|
Mengorganisasikan peserta didik
|
Menanya
Guru memberikan kesempatan pada
peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang
berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan
belajar, contohnya :
v Mengajukan pertanyaan tentang
Siswa
melakukan tanya jawab dengan menggunakan
kata, frasa dan kalimat
bahasa Arab tentang
ª Keterampilan
menyimak dan berbicara (الحوار) dan Pembelajaran (التركيب)
tentang العنوان
baik
secara individu maupun kelompok.
yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan
faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan
kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk
membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar
sepanjang hayat. Misalnya :
ب.
أَجْرِ الْحِوَار كَمَا فِي الْمِثَال!
مثال : كِتَاب/ عَلَى/
مَكْتَب çهَذَاكِتَاب . هُوَعَلَىالْمَكْتَب
1. مِصْبَاح/ فَوْقَ / كُرْسِىّ 6. مِقْلَمَة/ عَلَى / مَكْتَب
2. كِتَاب/
فِيْ/ حَقِيْبَة 7. مِسْطَرَة/
تَحْتَ/ مِرْسَم
3. مُصَلَّى /أَمَامَ/ فَصْل 8. مِرْحَاض / وَرَاءَ/ فَصْل
4. قَلَمُ / بَيْنَ/ مِقْلَمَةوَكُرَّاسَة 9. كِتَاب/ جَانِبَ / قَامُوْس
5. مَسْجِد/ وَرَاءَ / مَلْعَب 10. مِمْسَحَة/ على / كُرَّاسَة
|
Membimbing penyelidikan
individu dan kelompok
|
Mengumpulkan informasi
Peserta didik mengumpulkan
informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi
melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian,
v Membaca sumber lain selain buku
teks,
mengunjungi
laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca
artikel tentang
ª Keterampilan
menyimak dan berbicara (الحوار) dan Pembelajaran (التركيب)
tentang العنوان
v Mengumpulkan informasi
Mengumpulkan
data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna
menemukan
solusimasalah terkait materi pokok yaitu
ª Keterampilan
menyimak dan berbicara (الحوار) dan Pembelajaran (التركيب)
tentang العنوان
v Aktivitas
التدريبات على التركيب
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
21
|
54
|
67
|
98
|
76
|
22
|
43
|
87
|
86
|
45
|
32
|
65
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
ثَلاَثَةوَثَمَانُوْنَ
|
وَاحِدٌ وَعِشْرُوْنَ
|
أَرْبَعَةوَخَمْسُوْنَ
|
سِتَّةوَسَبْعُوْنَ
|
اِثْنَانوَثَلاَثُوْن
|
سَبْعَةوَسِتُّوْنَ
|
خَمْسَةوَأَرْبَعُوْنَ
|
اِثْنَانوَعِشْرُوْنَ
|
ثَمَانِيَةوَتِسْعُوْنَ
|
ثَلاَثَةوَأَرْبَعُوْنَ
|
خَمْسَةوَسِتُّوْنَ
|
سَبْعَةوَثَمَانُوْنَ
|
ب. اُكْتُب
كَمَا فِىْ اْلمِثَال !
1.
|
12
|
:
|
اِثْنَا عَشَرَ
|
11.
|
23
|
:
|
...
|
2.
|
24
|
:
|
...
|
12.
|
34
|
:
|
...
|
3.
|
36
|
:
|
...
|
13.
|
45
|
:
|
...
|
4.
|
48
|
:
|
...
|
14.
|
56
|
:
|
...
|
5.
|
51
|
:
|
...
|
15.
|
29
|
:
|
...
|
6.
|
62
|
:
|
...
|
16.
|
78
|
:
|
...
|
7.
|
73
|
:
|
...
|
17.
|
89
|
:
|
...
|
8.
|
84
|
:
|
...
|
18.
|
91
|
:
|
...
|
9.
|
95
|
:
|
...
|
19.
|
14
|
:
|
...
|
10.
|
13
|
:
|
...
|
20.
|
25
|
:
|
...
|
ª Menirukan
contoh ungkapan sederhana yang mengandung kata tanya dengan jawabannya yang benar.
ª Melafalkan
ungkapan sederhana yang mengandung kata tanya dan jawabannya dengan benar.
ª Melakukan
tanya jawab sesuai contoh ungkapan yang diprogramkan dengan benar.
ª Menyatakan,
menanya dan merespon dengan ungkapan sederhana dengan baik dan benar.
ª Menyampaikan informasi lisan dengan ungkapan sederhana dengan baik
dan benar
ª Mendemontrasikan
perkelompok sesuai naskah hiwar (pecakapan) yang terdapat dalam buku
pelajaran
ª Menjawab
soal-soal latihan secara lisan yang terdapat dalam buku pelajaran
ª Membiasakan
bercakap-cakap dengan teman sekolah di luar kelas dengan menggunakan bahasa
Arab saat berkenalan, membicarakan kondisi sekolah dan tentang warna-warna.
v Mempraktikan
اِمْلَأ هَذِهِ الْبِطَاقَة الشَّخْصِيَّة
مُنَاسِبًا بِشَخْصِيَّتِك !
بِطَاقَة شَخْصِيَّة
الاِسْم
|
:
|
|
تَارِيْخُ الْمِيْلاَدوَمَكَانُه
|
:
|
|
عُنْوَانُ
الْبَيْت
|
:
|
|
رَقْمُ
تِلْفُوْنِ الْبَيْت
|
:
|
|
رَقْمُ
الْمَحْمُوْل
|
:
|
|
الِمْهنَة
|
:
|
|
عُنْوَانُ الْمَدْرَسَة
|
:
|
|
رَقْمُ
تِلْفُوْنِ الْمَدْرَسَة
|
:
|
|
v Mendiskusikan
v Saling tukar informasi tentang :
ª Keterampilan
menyimak dan berbicara (الحوار) dan Pembelajaran (التركيب)
tentang العنوان
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga
diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan
diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan
dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai
pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan
mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan
kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
Mengembangkan dan menyajikan
hasil karya
|
Mengkomunikasikan
Peserta didik berdiskusi untuk
menyimpulkan
v Menyampaikan
hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan,
tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan
sopan
v Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
ª Keterampilan
menyimak dan berbicara (الحوار) dan Pembelajaran (التركيب)
tentang العنوان
v Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan
v Bertanya
atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang
ª Keterampilan
menyimak dan berbicara (الحوار) dan Pembelajaran (التركيب)
tentang العنوان
v Menjawab
pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja
yang telah disediakan.
v Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Menganalisa & mengevaluasi
proses pemecahan masalah
|
Mengasosiasikan
Peserta didik menganalisa
masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: ……
v Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari
hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati
dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai
ª Keterampilan
menyimak dan berbicara (الحوار) dan Pembelajaran (التركيب)
tentang العنوان
v
Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada
pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang
memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras,
kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta
deduktif dalam membuktikan :
ª Keterampilan
menyimak dan berbicara (الحوار) dan Pembelajaran (التركيب)
tentang العنوان
|
|
60
menit
|
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati
sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya
diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin
tahu, peduli lingkungan)
|
|
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan.
- Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang
sudah dilaksanakan.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik
yang selesai mengerjakan projek
dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
- Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam
bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
- Menyampaikan rencana pembelajaran pada
pertemuan berikutnya
|
10
menit
|
3.
Pertemuan Ke-3 ( 2 x 40 menit
)
|
Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v
Mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
v
Mengatur tempat duduk
v
Melihat kebersihan kelas,
v
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
v
Melakukan absensi,
v
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik
dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan
dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
ª Pembelajaran (التركيب)tentang العنوان
v
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
Motivasi
v
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan
dipelajari.
v
Apabila materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini
dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan
tentang:
ª Keterampilan
membaca (القراءة) tentang العنوان
v
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
v
Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v
Memberitahukan materi pelajaran
yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v
Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan
KKM pada pertemuan yang berlangsung
v
Pembagian kelompok belajar
v
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
10
menit
|
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Orientasi peserta didik kepada
masalah
|
Mengamati
Peserta didik diberi motivasi
atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
ª Keterampilan
membaca (القراءة)
tentang العنوان
dengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan
gambar/foto/tabel berikut ini
v Mengamati
Peserta
didik diminta pelafalan kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan tentang العنوان
v Membaca
materi
dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
berhubungan dengan
ª Keterampilan
membaca (القراءة)
tentang
العنوان
وبالعاملين في المدرسة ؛ المرافق والأدوات المدرسية؛الألوان
v Mendengar
Peserta
didik diminta melakukan pelafalan
kata, frasa dan kalimat
bahasa Arab yang diperdengarkan tentang
العنوان
v Menyimak,
penjelasan
pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global tentang materi
pelajaran mengenai :
ª Keterampilan
membaca (القراءة)
tentang العنوان
untuk
melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
|
Mengorganisasikan peserta didik
|
Menanya
Guru memberikan kesempatan pada
peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang
berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan
belajar, contohnya :
v Mengajukan pertanyaan tentang
Siswa
melakukan tanya jawab dengan menggunakan
kata, frasa dan kalimat
bahasa Arab tentang
ª Keterampilan
membaca (القراءة)
tentang
العنوان
baik
secara individu maupun kelompok.
yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan
faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan
kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk
membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar
sepanjang hayat. Misalnya :
. أَجِبْ وَفْقًا لِلنَّص !
1. أين مَدْرَسَةُ عَزَّام ؟ 6. هل رقم بَيْت عَزَّام 78 ؟
2. مَا عُنْوَانُ بَيْت نَوْفَل ؟ 7. ما عُنْوَانُ
مَدْرَسَةِ نَوْفَل ؟
3. مَا اسْمُ أَبِىْ عَزَّام ؟ 8. مَا مِهْنَة أَبِىْ عَزَّام
؟
4. هَلْ بَيْت عَزَّام ونَوْفَل
قَرِيْبٌ ؟ 9. هل بَيْت عَزَّام
قَرِيْبٌ مِنْ مَدْرَسَتِهِ
5. هَلْ عَزَّام ونَوْفَل جِيْرَان ؟ 10. هل بَيْتُ نَوْفَل
قَرِيْبٌ مِنْ
|
Membimbing penyelidikan
individu dan kelompok
|
Mengumpulkan informasi
Peserta didik mengumpulkan
informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi
melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian,
v Membaca sumber lain selain buku
teks,
mengunjungi
laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca
artikel tentang
ª Keterampilan
membaca (القراءة)
tentang
العنوان
v Mengumpulkan informasi
Mengumpulkan
data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna
menemukan
solusimasalah terkait materi pokok yaitu
ª Keterampilan
membaca (القراءة)
tentang
العنوان
v Aktivitas
التدريبات على القراءة
ª Menganalisis
unsure kebahasaan teks qira’ah .
ª Mengidentifikasi
sifat-sifat terpuji yag terkandung dalam teks qira’ah.
ª Membuat
kesimpulan, rumusan dari isi kandungan teks qira’ah .
ª Mempresentasikan
isi kandungan teks qira’ah secara individu maupun kelompok secara lisan
ª Menyampaikan
hasil diskusi tentang teks qira’ah.
ª Membaca teks
qira’ah
ª Menerjemahkan
isi teks qira’ah yang dibaca
ª Menjawab soal
tentang teks qiraah yang dibaca
ª Membiasakan
membaca alqur’an dengan baik dan benar.
v Mempraktikan
v Mendiskusikan
ª Mendiskusikan
isi kandungan teks qira’ah.
v
Saling tukar
informasi tentang :
ª Keterampilan
membaca (القراءة)
tentang
العنوان
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga
diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan
diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan
dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai
pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan
mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan
kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
Mengembangkan dan menyajikan
hasil karya
|
Mengkomunikasikan
Peserta didik berdiskusi untuk
menyimpulkan
v Menyampaikan
hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan,
tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan
sopan
v Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
ª Keterampilan
membaca (القراءة)
tentang
العنوان
v Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan
v Bertanya
atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang
ª Keterampilan
membaca (القراءة)
tentang
v Menjawab
pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja
yang telah disediakan.
v Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Menganalisa & mengevaluasi
proses pemecahan masalah
|
Mengasosiasikan
Peserta didik menganalisa
masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: ……
v Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari
hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati
dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai
ª Keterampilan
membaca (القراءة)
tentang
العنوان
v
Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada
pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang
memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan
sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan
menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam
membuktikan :
ª Keterampilan
membaca (القراءة)
tentang
العنوان
|
|
60
menit
|
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati
sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya
diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin
tahu, peduli lingkungan)
|
|
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan.
- Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang
sudah dilaksanakan.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan projek dengan
benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
- Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam
bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
- Menyampaikan rencana pembelajaran pada
pertemuan berikutnya
|
10
menit
|
4.
Pertemuan Ke- 4 ( 2 x 40 menit
)
|
Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v
Mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
v
Mengatur tempat duduk
v
Melihat kebersihan kelas,
v
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
v
Melakukan absensi,
v
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik
dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan
dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
ª Keterampilan
membaca (القراءة) tentang العنوان
v
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
Motivasi
v
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan
dipelajari.
v
Apabila materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini
dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan
tentang:
ª Latihan
Menulis ( التدريبات
على الكتابة) dan
Latihan Mendengarkan (التدريبات على الاستماع) tentang العنوان
v
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
v
Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v
Memberitahukan materi pelajaran
yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v
Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan
KKM pada pertemuan yang berlangsung
v
Pembagian kelompok belajar
v
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
10
menit
|
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Orientasi peserta didik kepada
masalah
|
Mengamati
Peserta didik diberi motivasi
atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
ª Latihan
Menulis
( التدريبات على الكتابة) dan
Latihan Mendengarkan (التدريبات
على الاستماع) tentang
العنوان
dengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan
gambar/foto/tabel berikut ini
v Mengamati
Peserta
didik diminta pelafalan kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan tentang العنوان
v Membaca
materi
dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
berhubungan dengan
ª Latihan
Menulis
( التدريبات على الكتابة) dan
Latihan Mendengarkan (التدريبات
على الاستماع) tentang
العنوان
v Mendengar
Peserta
didik diminta melakukan pelafalan
kata, frasa dan kalimat
bahasa Arab yang diperdengarkan العنوان tentang
v Menyimak,
penjelasan
pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global tentang materi
pelajaran mengenai :
ª Latihan
Menulis
( التدريبات على الكتابة) dan
Latihan Mendengarkan (التدريبات
على الاستماع) tentang
العنوان
untuk
melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
|
Mengorganisasikan peserta didik
|
Menanya
Guru memberikan kesempatan pada
peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang
berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan
belajar, contohnya :
v Mengajukan pertanyaan tentang
Siswa
melakukan tanya jawab dengan menggunakan
kata, frasa dan kalimat
bahasa Arab tentang
ª Latihan
Menulis
( التدريبات على الكتابة) dan
Latihan Mendengarkan (التدريبات
على الاستماع) tentang
العنوان
baik
secara individu maupun kelompok.
yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan
faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan
kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk
membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar
sepanjang hayat. Misalnya :
|
Membimbing penyelidikan
individu dan kelompok
|
Mengumpulkan informasi
Peserta didik mengumpulkan
informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi
melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian,
v Membaca sumber lain selain buku
teks,
mengunjungi
laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca
artikel tentang
ª Latihan
Menulis
( التدريبات على الكتابة) dan
Latihan Mendengarkan (التدريبات
على الاستماع) tentang
العنوان
v Mengumpulkan informasi
Mengumpulkan
data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna
menemukan
solusimasalah terkait materi pokok yaitu
ª Latihan
Menulis
( التدريبات على الكتابة) dan
Latihan Mendengarkan (التدريبات
على الاستماع) tentang
العنوان
v
Aktivitas
ª Peserta didik
diminta melakukan latihan menulis Latihan ( التدريبات على
الكتابة)
ب. رَتِّبْ الكَلِمَات
اِبْتِدَاءً مِن الكلمة المُلَوَّنَة !
1. مَسْعُوْد هَذِهِ السَّابِع اِسْمِىْ
أَنَا بِطَاقَتِىْ فِي الْفَصْلِ طَالِب
2. قَرِيْبٌ صَدِيْقِىْ مِنْ وَبَيْتُ
بَعِيْدٌ بَيْتِىْ عَنْ مَدْرَسَتِهِ
مَدْرَسَتِىْ
3. "دَارُ السَّلاَم" فِىْ
شَارعِ الْمَسْجِد 23 كَالِيْبَارُوْ عُنْوَانُرَقم جُوكْجَاكَرْتَا
4. 081967453990 وَرَقْمُ أَبِىْ
مَحْمُوْلِهِ تِلْفُوْنِ (021) 5648976 رَقْمُ
5. قَرْيَةِ مِنْ قَرْيَةُ قَرِيْبَةٌ
سُوْكَاجَادِىسُوْكَامَانْدِى
ª
Latihan
Mendengarkan (التدريبات
على الاستماع)
Dengarkan kata/kalimat Arab yang
disebutkan ustadmu dan cocokkan dengan jawaban yang tersedia serta tulis di
kotak jawaban yang telah disediakan
v Mempraktikan
v Mendiskusikan
v Saling tukar informasi tentang :
ª Latihan
Menulis
( التدريبات على الكتابة) dan
Latihan Mendengarkan (التدريبات
على الاستماع) tentang
العنوان
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga
diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan
diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan
dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai
pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan
mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan
kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
Mengembangkan dan menyajikan
hasil karya
|
Mengkomunikasikan
Peserta didik berdiskusi untuk
menyimpulkan
v Menyampaikan
hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan,
tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan
sopan
v Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
ª Latihan
Menulis
( التدريبات على الكتابة) dan
Latihan Mendengarkan (التدريبات
على الاستماع) tentang
العنوان
v Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan
v Bertanya
atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang
ª Latihan
Menulis
( التدريبات على الكتابة) dan
Latihan Mendengarkan (التدريبات
على الاستماع) tentang
العنوان
v Menjawab
pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja
yang telah disediakan.
v Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Menganalisa & mengevaluasi
proses pemecahan masalah
|
Mengasosiasikan
Peserta didik menganalisa
masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: ……
v Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari
hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati
dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai
ª Latihan
Menulis
( التدريبات على الكتابة) dan
Latihan Mendengarkan (التدريبات
على الاستماع) tentang
v
Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada
pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang
memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras,
kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta
deduktif dalam membuktikan :
ª Latihan
Menulis
( التدريبات على الكتابة) dan
Latihan Mendengarkan (التدريبات
على الاستماع) tentang
العنوان
|
|
60
menit
|
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati
sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya
diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin
tahu, peduli lingkungan)
|
|
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan.
- Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang
sudah dilaksanakan.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik
yang selesai mengerjakan projek
dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
- Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam
bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
- Menyampaikan rencana pembelajaran pada
pertemuan berikutnya
|
10
menit
|
F.
Penilaian, Pembelajaran
Remedial dan Pengayaan
1.
Teknik Penilaian
a.
Penilaian
Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a)
Pilihan ganda
b)
Uraian/esai
2) Tes Lisan
b.
Penilaian Kompetensi
Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
ª Mempelajari buku teks dan sumber
lain tentang materi pokok
ª Menyimak tayangan/demo tentang
materi pokok
ª Menyelesaikan tugas yang berkaitan
dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
ª Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk,
2.
Instrumen Penilaian
a.
Pertemuan Pertama (Terlampir)
b.
Pertemuan Kedua (Terlampir)
c.
Pertemuan Ketiga (Terlampir)
d.
Pertemuan Keempat (Terlampir)
3.
PembelajaranRemedial
dan Pengayaan
a.
Remedial
v Remedial
dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada
peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian :
remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai
Kompetensi Dasar
v Guru
memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria
Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum
mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya
ª Jika setelah tes atau ulangan
didapati banyak siswa yang nilainya belum mencapai nilai minimal maka remedial yang digunakan adalah remedial
teaching yakni guru menjelaskan kembali materi pelajaran sesuai dengan indikator yang kebanyakan siswa belum mampu
menjawabnya, namun jika hanya beberapa orang siswa saja maka cukup dengan
remedial test yakni siswa diberikan kesempatan untuk belajar terlebih dahulu
kemudian kembali mengerjakan soal dengan indikator soal yang sama, tidak harus
semua soal yang sudah terjawab diberikan
kembali.
ª Remedial dilaksanakan pada waktu
dan hari tertentu yang disesuaikan,
seperti pada akhir jam belajar apabila masih ada waktu, atau di luar jam
pelajaran sesuai kesepakatan antara siswa dan guru.
b.
Pengayaan
v Pengayaan
diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran
yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau
mencapai Kompetensi Dasar.
v Pengayaan
dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
v Direncanakan
berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih
luas misalnya
ª Guru meminta setiap siswa memperlihatkan lembar nilai yang
diperolehnya pada setiap latihan (tadribat) dan ulangan (tamrinat) kepada orangtuanya dengan memberikan komentar dan paraf. Cara lainnya dapat juga dengan
mengunakan buku penghubung kepada orang tua yang berisi tentang perubahan
prilaku siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran atau berkomunikasi
langsung memalui telepon, tentang perkembangan prilaku anaknya.
……………
Mengetahui
Kepala SMP N/S Guru
Mata Pelajaran
…………………………………… …………………………………….
NIP/NRK. NIP/NRK.
Komentar
Posting Komentar