Perangkat Pembelajaran Kelas 8


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan      : SMP N/S
Mata Pelajaran           : Bahasa Arab
Kelas /Semester          : VII/Genap
Materi Pokok              : العنوان
Alokasi Waktu            : 16 JP ( 8Pertemuan)

A.     Tujuan Pembelajaran
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
ª  Menirukan contoh ungkapan sederhana yang mengandung kata tanya  dengan jawabannya yang benar.
ª  Melafalkan ungkapan sederhana yang mengandung kata tanya dan jawabannya dengan benar.
ª  Melakukan tanya jawab sesuai contoh ungkapan yang diprogramkan dengan benar.
ª  Menyatakan, menanya dan merespon dengan ungkapan sederhana dengan baik dan benar.
ª  Menyampaikan  informasi lisan dengan ungkapan sederhana dengan baik dan benar

B.      Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
1.1  Menyadari pentingnya kejujuran dan percaya diri sebagai anugerah Allah dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan madrasah
1.1.1        Menjalankan pentingnya kejujuran dan percaya diri sebagai anugerah Allah dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan madrasah
2.1   Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah
2.1.1        Memiliki perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah
3.1  Mengidentifikasi        bunyi kata, frase dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan:
العنوان؛ بيتي؛
من يوميات الأسرة
        baik secara lisan maupun tertulis
3.1.1        Melafalkan bunyi kata, frasa dan tulisan yang diperdengarkan tentang topik: العنوان
3.1.2        Menunjukkan tulisan sesuai bunyi kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan tentang topik: العنوان
3.1.3        Memperagakan  bunyi kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan tentang topic العنوان
3.1.4        Menunjukkan gambar sesuai bunyi kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan tentang topik العنوان
3.1.5        Membaca teks qira’ah dengan makkhraj yang benar serta lancar.
3.1.6        Menerjemahkan teks qira’ah tentang العنوان
3.1.7        Menjawab pertanyaan tentang isi kandungan  teks qira’ah dengan baik dan benar
3.1.8          Mengambil teladan/nilai-nilai islamiyyah dari kandungan teks qira’ah serta menerapkannya dalam kehidupan
4.1  Mendemonstrasikan ungkapan sederhana tentang topik:
العنوان؛ بيتي؛
 من يوميات الأسرة
     dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

4.1.1        Menirukan contoh ungkapan sederhana yang mengandung kata tanya  dengan jawabannya yang benar.
4.1.2        Melafalkan ungkapan sederhana yang mengandung kata tanya dan jawabannya dengan benar.
4.1.3        Melakukan tanya jawab sesuai contoh ungkapan yang diprogramkan dengan benar.
4.1.4        Menyatakan, menanya dan merespon dengan ungkapan sederhana dengan baik dan benar.
4.1.5        Menyampaikan  informasi lisan      dengan ungkapan sederhana dengan baik dan benar
4.1.6        Menyusun teks sederhana tentang topic العنوان     dengan memerhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar sesuai konteks


C.     Materi Pembelajaran
1.       Fakta:
ª      المفردات
ª      الحوار
ª      التركيب
ª      القراءة
ª      الكتابة
ª      التدريبات للاستماع
2.       Konsep
ª  Mengidentifikasi bunyi kata, frase, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan العنوان
3.       Prinsip
ª  Menyadari pentingnya kejujuran dan percaya diri sebagai anugerah Allah dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan madrasah
ª  Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah
4.       Prosedur
ª  Menirukan contoh ungkapan sederhana yang mengandung kata tanya  dengan jawabannya yang benar.
ª  Melafalkan ungkapan sederhana yang mengandung kata tanya dan jawabannya dengan benar.
ª  Melakukan tanya jawab sesuai contoh ungkapan yang diprogramkan dengan benar.
ª  Menyatakan, menanya dan merespon dengan ungkapan sederhana dengan baik dan benar.
ª  Menyampaikan  informasi lisan dengan ungkapan sederhana dengan baik dan benar

D.     Metode Pembelajaran
1.       Pendekatan                  :  Scientific Learning
2.       Model Pembelajaran     :  Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)

E.      Media Pembelajaran
1.       Media LCD projector,
2.       Laptop,
3.       Bahan Tayang
4.       Alat dan bahan

F.      Sumber Belajar
1.       Buku paket Bahasa Arab kealas VII Kurma 13.
2.       Kamus bahasa arab
3.       Benda-benda dilingkungan peserta didik yang terjangkau
4.       Gambar-gambar yang sesuai tema/topik
5.       Internet/VCD


G.     Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pertemuan Ke-1 ( 2 x 40 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v  Mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
v  Mengatur tempat duduk
v  Melihat kebersihan kelas,
v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk  memulai pembelajaran
v  Melakukan absensi,
v  Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v  Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
ª  Semester Genap
v  Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v  Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v  Apabila materi/tema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
ª  Mendengar (الاستماع)
ª  Pembelajaran kosakata ( المفردات) tentang العنوان
v  Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
v  Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v  Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v  Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
v  Pembagian kelompok belajar
v  Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
10
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Orientasi peserta didik kepada masalah
Mengamati
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
ª  Pembelajaran kosakata ( المفردات) tentang العنوان
dengan cara :
v  Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini
v  Mengamati
Peserta didik diminta pelafalan kata, frasa dan kalimat  bahasa Arab yang diperdengarkan tentang العنوان
Siswa mengamati gambar sesuai dengan teks gambar yang disajikan
v  Membaca
materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
ª  Pembelajaran kosakata ( المفردات) tentang العنوان
v  Mendengar
Peserta didik diminta melakukan pelafalan  kata, frasa dan kalimat  bahasa Arab yang diperdengarkan tentang العنوان
v  Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai :
ª  Pembelajaran kosakata ( المفردات) tentang العنوان
untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
Mengorganisasikan peserta didik
Menanya
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v  Mengajukan pertanyaan tentang
Siswa melakukan tanya jawab dengan menggunakan  kata, frasa dan kalimat  bahasa Arab tentang العنوان
baik secara individu maupun kelompok.
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya  :
اِقْرَأ !
1.         رَقْمُ مَحْمُوْلِىْ 081233456879
2.         رَقْمُ تلفون بيتى (0341) 803254
3.         عُنْوَانُ بَيْتِىْ فى شَارِع شَرِيْف حُسَيْن رَقْم 9
4.         رَقْمُ تِلْكَ السَّيَّارَة 1358
5.         كم يَوْمًا في الأُسْبُوْع ؟ فِي الأسبوع 7 أَيَّام
Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
Mengumpulkan informasi
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v  Mengamati obyek/kejadian,
v  Membaca sumber lain selain buku teks,
mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel tentang
ª  Pembelajaran kosakata ( المفردات) tentang العنوان
v  Mengumpulkan informasi
Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaitu
ª  Pembelajaran kosakata ( المفردات) tentang العنوان
v  Aktivitas
التدريبات على المفردات
.           اِخْتَرْأَصَحَّ اْلأَجْوِبَة !
1.         يَا عَزَّام ! ما رَقْمُ ... ؟ (0341) 587087 .
أ. تِلِيْفُوْنِكَ ب. مَحْمُوْلِكَ                      ج. بَيْتِكَ               د. مَدْرَسَتِكَ
2.         أَنَا وَصَالِح جِيْرَان . بَيْتُ صَالِح ... مِنْ بَيْتِىْ .
أ. قَرِيْب               ب. بَعِيْد               ج. جِيْرَان             د. عُنْوَان
3.         عنوان بَيْتِ مَحْمُوْد فِىْ ... سُوْكَارْنُو ... خمسة
أ. شَارِع - رَقْم                                            ج. رَقْم - بَيْتِ        
ب. رَقْم - شَارِع                              د. شَارِع - بَيْتِ
4.         مالانج ...كَبِيْرَة فِي إِنْدُوْنِيْسِيَا
أ. مَكْتَبَة               ب. مَدِيْنَة              ج. قَرْيَة               د. مَدْرَسَة
5.         ... عُنْوَانُكَ ؟ عُنْوَانِىْ فِىْ شَارِع بَاتُوْبَارَا رَقْم 43
أ. مَا                   ب. أَيْنَ                ج. هَلْ                 د. مَنْ
6.         يَا حِلْيَة ! ما رَقْمُ ... ؟ 081234567890
أ. تِلِيْفُوْنِكَ ب. مَحْمُوْلِكَ                      ج. بَيْتِكَ               د. مَدْرَسَتِكَ
7.         ...مَدْرَسَتُكَ ؟ مَدْرَسَتِىْ فِىْ شَارِع بَانْدُوْنج رَقْم 7
أ. مَا                   ب. أَيْنَ                ج. هَلْ                 د. مَنْ
8.         مَا ... يَا مُحَمَّد ؟ أَنَا طَالِب الْمدْرَسَة الْمُتَوَسِّطَة اْلإِسْلاَمِيَّة 1 مالانج
أ. مِهْنَتِي              ب. بِطَاقَتِي                       ج. عُنْوَانِيْ                       د. بَيْتِىْ
9.         مَدْرَسَتِىْ فِىْ شَارِع بَانْدُوْنج رَقْم ... ( 7 )
أ. خَمْسَة              ب. سبْعَة              ج. ثَلاَثَة               د. ثَمَانِيَة
10.       بَيْتُ عَزَّام مُحَمَّد فِىْ شَارِع بَاتُوْبَارَا رَقْم ... ( 4 ) مالانج
أ. أرْبَعَة               ب. اِثنَان              ج. تِسْعَة              د.
ª  Siswa diminta mencocokan kosakata berkut ini
ª  Peserta didik diminta menyimak dan menirukan pengucapan ujaran dengan tepat
ª  Peserta didik diminta mendengarkan kata-kata yang mirip pengucapannya
ª  Peserta didik diminta menyimak wacana sambil memperhatikan model ucapan guru/kaset/film dan menirukan pelafalan dan intonasinya.
ª  Peserta didik diminta mencocokkan gambar dengan apa yang didengar..
ª  Peserta didik diminta melafalkan kalimat sesuai dengan model ucapan yang diperdengarkan guru/kaset/film.
ª  Peserta didik diminta merangkai kata menjadi kalimat sesuai dengan kaidah mubtada’ (dhamir mufrad); ism isyarah+khabar (kata sifat) dan arah; dhamir mufrad muttashil.
ª  Peserta didik diminta menyusun kata dan kalimat sederhana sesuai kaidah mubtada’ (dhamir mufrad); ism isyarah+khabar (kata sifat) dan arah; dhamir mufrad muttashil
ª  Peserta didik diminta melafalkan kalimat sesuai dengan yang diperdengarkan.
ª  Peserta didik diminta mencoba mengungkapkan dan memahami kata yang menggunakan kaidah  mubtada’ (dhamir mufrad); ism isyarah+khabar (kata sifat) dan arah; dhamir mufrad muttashil
ª  Peserta didik diminta membandingkan antara kalimat mubtada’ dan khabar terkait topik العنوان
ª  Peserta didik diminta menemukan makna kata dalam teks sesuai tema/topik العنوان
ª  Peserta didik diminta menyimpulkan isi wacana lisan maupun tulisan terkait tema/topik  العنوان
ª  Peserta didik diminta membedakan penggunakan kata untuk mu’annats dan mudzakkar
ª  Peserta didik diminta mencari informasi umum/tema/topik dari suatu wacana lisan/tulisan.
ª  Peserta didik diminta menemukan makna kata dalam teks
v  Mempraktikan
ª  Peserta didik diminta menyimpulkan isi wacana lisan maupun tulisan.
ª  Peserta didik diminta melafalkan kalimat sesuai dengan model ucapan yang diperdengarkan guru/kaset/film.
ª  Peserta didik diminta merangkai kata menjadi kalimat sesuai dengan kaidah mubtada’  dan khabar dengan  menggunakan angka 1-100
ª  Peserta didik diminta menyusun kata dan kalimat sederhana sesuai kaidah mubtada’ dan khabar dengan  menggunakan angka 1-100
ª  Peserta didik diminta Melafalkan kalimat sesuai dengan yang diperdengarkan.
ª  Peserta didik diminta Mencoba memahami dan  mengungkapkan kata yang menggunakan angka 1-100
ª  Peserta didik diminta mengungkapkan perintah dan berita tentang tema/topik العنوان
ª  Peserta didik diminta menyampaikan isi wacana tertulis sesuai tema/topik العنوان secara lisan atau tulisan.
ª  Peserta didik diminta peserta didik diminta menyusun kata/frasa yang tersedia menjadi kalimat sesuai dengan kaidah mubtada’ (dhamir mufrad); ism isyarah+khabar (kata sifat) dan arah; dhamir mufrad muttashil
ª  Peserta didik diminta menyusun karangan sederhana sesuai tema/topik al-maraafiq wal adawaat al-madrasiyah  dan  sesuai kaidah  mubtada’ (dhamir mufrad); ism isyarah+khabar (kata sifat) dan arah; dhamir mufrad muttashil
ª  Peserta didik diminta menyampaikan isi wacana sesuai tema/topik العنوان secara lisan maupun  tulisan.
ª  Peserta didik diminta menghafal kosa kata baru sesuai tema/topik العنوان
v  Mendiskusikan
v  Saling tukar informasi tentang  :
ª  Pembelajaran kosakata ( المفردات) tentang العنوان
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Mengkomunikasikan
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
ª  Pembelajaran kosakata ( المفردات) tentang
v  Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.
v  Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
ª  Pembelajaran kosakata ( المفردات) tentang العنوان
v  Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
v  Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah
Mengasosiasikan
Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: ……
v  Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v  Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
ª  Pembelajaran kosakata ( المفردات) t tentang العنوان
v  Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
ª  Pembelajaran kosakata ( المفردات) tentang العنوان
60
menit
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)

Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
  • Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
  • Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
  • Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
  • Mengagendakan pekerjaan rumah.
  • Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
10
menit

2. Pertemuan Ke-2 ( 2 x 40 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v  Mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
v  Mengatur tempat duduk
v  Melihat kebersihan kelas,
v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk  memulai pembelajaran
v  Melakukan absensi,
v  Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v  Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
ª  Mendengar (الاستماع)
ª  Pembelajaran kosakata ( المفردات) tentang العنوان
v  Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v  Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v  Apabila materi/tema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
ª  Keterampilan menyimak dan berbicara (الحوار) dan Pembelajaran (التركيب) tentang العنوان
v  Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
v  Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v  Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v  Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
v  Pembagian kelompok belajar
v  Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
10
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Orientasi peserta didik kepada masalah
Mengamati
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
ª  Keterampilan menyimak dan berbicara (الحوار) dan Pembelajaran (التركيب) tentang العنوان
dengan cara :
v  Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini
v  Mengamati
Peserta didik diminta pelafalan kata, frasa dan kalimat  bahasa Arab yang diperdengarkan tentang العنوان
Siswa mengamati gambar sesuai dengan teks gambar yang disajikan
v  Membaca
materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
ª  Keterampilan menyimak dan berbicara (الحوار) dan Pembelajaran (التركيب) tentang العنوان
v  Mendengar
Peserta didik diminta melakukan pelafalan  kata, frasa dan kalimat  bahasa Arab yang diperdengarkan tentang
العنوان
v  Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai :
ª  Keterampilan menyimak dan berbicara (الحوار) dan Pembelajaran (التركيب) tentang العنوان
untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
Mengorganisasikan peserta didik
Menanya
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v  Mengajukan pertanyaan tentang
Siswa melakukan tanya jawab dengan menggunakan  kata, frasa dan kalimat  bahasa Arab tentang
ª  Keterampilan menyimak dan berbicara (الحوار) dan Pembelajaran (التركيب) tentang العنوان
baik secara individu maupun kelompok.
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya  :
ب.   أَجْرِ الْحِوَار كَمَا فِي الْمِثَال!
مثال : كِتَاب/ عَلَى/ مَكْتَب       çهَذَاكِتَاب . هُوَعَلَىالْمَكْتَب
1.         مِصْبَاح/ فَوْقَ / كُرْسِىّ           6. مِقْلَمَة/ عَلَى / مَكْتَب
2.         كِتَاب/ فِيْ/ حَقِيْبَة                 7. مِسْطَرَة/ تَحْتَ/ مِرْسَم
3.         مُصَلَّى /أَمَامَ/ فَصْل               8. مِرْحَاض / وَرَاءَ/ فَصْل
4.         قَلَمُ / بَيْنَ/ مِقْلَمَةوَكُرَّاسَة        9. كِتَاب/ جَانِبَ / قَامُوْس
5.         مَسْجِد/ وَرَاءَ / مَلْعَب            10. مِمْسَحَة/ على / كُرَّاسَة
Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
Mengumpulkan informasi
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v  Mengamati obyek/kejadian,
v  Membaca sumber lain selain buku teks,
mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel tentang
ª  Keterampilan menyimak dan berbicara (الحوار) dan Pembelajaran (التركيب) tentang العنوان
v  Mengumpulkan informasi
Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaitu
ª  Keterampilan menyimak dan berbicara (الحوار) dan Pembelajaran (التركيب) tentang العنوان
v  Aktivitas
التدريبات على التركيب
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
21
54
67
98
76
22
43
87
86
45
32
65
Ÿ
Ÿ
Ÿ
Ÿ
Ÿ
Ÿ
Ÿ
Ÿ
Ÿ
Ÿ
Ÿ
Ÿ












Ÿ
Ÿ
Ÿ
Ÿ
Ÿ
Ÿ
Ÿ
Ÿ
Ÿ
Ÿ
Ÿ
Ÿ
ثَلاَثَةوَثَمَانُوْنَ
وَاحِدٌ وَعِشْرُوْنَ
أَرْبَعَةوَخَمْسُوْنَ
سِتَّةوَسَبْعُوْنَ
اِثْنَانوَثَلاَثُوْن
سَبْعَةوَسِتُّوْنَ
خَمْسَةوَأَرْبَعُوْنَ
اِثْنَانوَعِشْرُوْنَ
ثَمَانِيَةوَتِسْعُوْنَ
ثَلاَثَةوَأَرْبَعُوْنَ
خَمْسَةوَسِتُّوْنَ
سَبْعَةوَثَمَانُوْنَ
ب.   اُكْتُب كَمَا فِىْ اْلمِثَال !
1.
12
:
اِثْنَا عَشَرَ
11.
23
:
...
2.
24
:
...
12.
34
:
...
3.
36
:
...
13.
45
:
...
4.
48
:
...
14.
56
:
...
5.
51
:
...
15.
29
:
...
6.
62
:
...
16.
78
:
...
7.
73
:
...
17.
89
:
...
8.
84
:
...
18.
91
:
...
9.
95
:
...
19.
14
:
...
10.
13
:
...
20.
25
:
...

ª  Menirukan contoh ungkapan sederhana yang mengandung kata tanya  dengan jawabannya yang benar.
ª  Melafalkan ungkapan sederhana yang mengandung kata tanya dan jawabannya dengan benar.
ª  Melakukan tanya jawab sesuai contoh ungkapan yang diprogramkan dengan benar.
ª  Menyatakan, menanya dan merespon dengan ungkapan sederhana dengan baik dan benar.
ª  Menyampaikan  informasi lisan      dengan ungkapan sederhana dengan baik dan benar
ª  Mendemontrasikan perkelompok sesuai naskah hiwar (pecakapan) yang terdapat dalam buku pelajaran
ª  Menjawab soal-soal latihan secara lisan yang terdapat dalam buku pelajaran
ª  Membiasakan bercakap-cakap dengan teman sekolah di luar kelas dengan menggunakan bahasa Arab saat berkenalan, membicarakan kondisi sekolah dan tentang warna-warna.
v  Mempraktikan
اِمْلَأ هَذِهِ الْبِطَاقَة الشَّخْصِيَّة مُنَاسِبًا بِشَخْصِيَّتِك  !
بِطَاقَة شَخْصِيَّة
الاِسْم
:

تَارِيْخُ الْمِيْلاَدوَمَكَانُه
:

عُنْوَانُ الْبَيْت
:

رَقْمُ تِلْفُوْنِ الْبَيْت
:

رَقْمُ الْمَحْمُوْل
:

الِمْهنَة
:

عُنْوَانُ الْمَدْرَسَة
:

رَقْمُ تِلْفُوْنِ الْمَدْرَسَة
:


v  Mendiskusikan
v  Saling tukar informasi tentang  :
ª  Keterampilan menyimak dan berbicara (الحوار) dan Pembelajaran (التركيب) tentang العنوان
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Mengkomunikasikan
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
ª  Keterampilan menyimak dan berbicara (الحوار) dan Pembelajaran (التركيب) tentang العنوان
v  Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.
v  Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
ª  Keterampilan menyimak dan berbicara (الحوار) dan Pembelajaran (التركيب) tentang العنوان
v  Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
v  Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah
Mengasosiasikan
Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: ……
v  Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v  Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
ª  Keterampilan menyimak dan berbicara (الحوار) dan Pembelajaran (التركيب) tentang العنوان
v  Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
ª  Keterampilan menyimak dan berbicara (الحوار) dan Pembelajaran (التركيب) tentang العنوان
60
menit
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)

Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
  • Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
  • Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
  • Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
  • Mengagendakan pekerjaan rumah.
  • Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
10
menit

3. Pertemuan Ke-3 ( 2 x 40 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v  Mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
v  Mengatur tempat duduk
v  Melihat kebersihan kelas,
v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk  memulai pembelajaran
v  Melakukan absensi,
v  Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v  Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
ª  Pembelajaran (التركيب)tentang العنوان
v  Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v  Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v  Apabila materi/tema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
ª  Keterampilan membaca  (القراءة) tentang العنوان
v  Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
v  Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v  Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v  Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
v  Pembagian kelompok belajar
v  Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
10
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Orientasi peserta didik kepada masalah
Mengamati
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
ª  Keterampilan membaca  (القراءة) tentang العنوان
dengan cara :
v  Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini
v  Mengamati
Peserta didik diminta pelafalan kata, frasa dan kalimat  bahasa Arab yang diperdengarkan tentang العنوان
v  Membaca
materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
ª  Keterampilan membaca  (القراءة) tentang
العنوان وبالعاملين في المدرسة ؛ المرافق والأدوات المدرسية؛الألوان
v  Mendengar
Peserta didik diminta melakukan pelafalan  kata, frasa dan kalimat  bahasa Arab yang diperdengarkan tentang
العنوان
v  Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai :
ª  Keterampilan membaca  (القراءة) tentang العنوان
untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
Mengorganisasikan peserta didik
Menanya
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v  Mengajukan pertanyaan tentang
Siswa melakukan tanya jawab dengan menggunakan  kata, frasa dan kalimat  bahasa Arab tentang
ª  Keterampilan membaca  (القراءة) tentang
العنوان
baik secara individu maupun kelompok.
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya  :
.      أَجِبْ وَفْقًا لِلنَّص !
1.         أين مَدْرَسَةُ عَزَّام ؟               6. هل رقم بَيْت عَزَّام 78 ؟
2.         مَا عُنْوَانُ بَيْت نَوْفَل ؟                        7. ما عُنْوَانُ مَدْرَسَةِ نَوْفَل ؟   
3.         مَا اسْمُ أَبِىْ عَزَّام ؟               8. مَا مِهْنَة أَبِىْ عَزَّام ؟
4.         هَلْ بَيْت عَزَّام ونَوْفَل قَرِيْبٌ ؟   9. هل بَيْت عَزَّام قَرِيْبٌ مِنْ مَدْرَسَتِهِ
5.         هَلْ عَزَّام ونَوْفَل جِيْرَان ؟                    10. هل بَيْتُ نَوْفَل قَرِيْبٌ مِنْ
Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
Mengumpulkan informasi
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v  Mengamati obyek/kejadian,
v  Membaca sumber lain selain buku teks,
mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel tentang
ª  Keterampilan membaca  (القراءة) tentang العنوان
v  Mengumpulkan informasi
Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaitu
ª  Keterampilan membaca  (القراءة) tentang العنوان
v  Aktivitas
التدريبات على القراءة
ª  Menganalisis unsure kebahasaan teks qira’ah .
ª  Mengidentifikasi sifat-sifat terpuji yag terkandung dalam teks  qira’ah.
ª  Membuat kesimpulan, rumusan dari isi kandungan teks qira’ah .
ª  Mempresentasikan isi kandungan teks qira’ah secara individu maupun kelompok secara lisan
ª  Menyampaikan hasil diskusi tentang teks qira’ah.
ª  Membaca teks qira’ah
ª  Menerjemahkan isi teks qira’ah  yang dibaca
ª  Menjawab soal tentang teks qiraah yang dibaca
ª  Membiasakan membaca alqur’an dengan baik dan benar.
v  Mempraktikan
v  Mendiskusikan
ª  Mendiskusikan isi kandungan  teks qira’ah.
v  Saling tukar informasi tentang  :
ª  Keterampilan membaca  (القراءة) tentang العنوان
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Mengkomunikasikan
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
ª  Keterampilan membaca  (القراءة) tentang العنوان
v  Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.
v  Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
ª  Keterampilan membaca  (القراءة) tentang
v  Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
v  Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah
Mengasosiasikan
Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: ……
v  Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v  Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
ª  Keterampilan membaca  (القراءة) tentang العنوان
v  Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
ª  Keterampilan membaca  (القراءة) tentang العنوان
60
menit
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)

Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
  • Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
  • Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
  • Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
  • Mengagendakan pekerjaan rumah.
  • Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
10
menit

4. Pertemuan Ke- 4 ( 2 x 40 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v  Mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
v  Mengatur tempat duduk
v  Melihat kebersihan kelas,
v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk  memulai pembelajaran
v  Melakukan absensi,
v  Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v  Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
ª  Keterampilan membaca  (القراءة) tentang العنوان
v  Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v  Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v  Apabila materi/tema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
ª  Latihan Menulis ( التدريبات على الكتابة) dan Latihan Mendengarkan  (التدريبات على الاستماع) tentang العنوان
v  Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
v  Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v  Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v  Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
v  Pembagian kelompok belajar
v  Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
10
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Orientasi peserta didik kepada masalah
Mengamati
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
ª  Latihan Menulis ( التدريبات على الكتابة) dan Latihan Mendengarkan  (التدريبات على الاستماع) tentang العنوان
dengan cara :
v  Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini
v  Mengamati
Peserta didik diminta pelafalan kata, frasa dan kalimat  bahasa Arab yang diperdengarkan tentang العنوان
v  Membaca
materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
ª  Latihan Menulis ( التدريبات على الكتابة) dan Latihan Mendengarkan  (التدريبات على الاستماع) tentang العنوان
v  Mendengar
Peserta didik diminta melakukan pelafalan  kata, frasa dan kalimat  bahasa Arab yang diperdengarkan العنوان tentang
v  Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai :
ª  Latihan Menulis ( التدريبات على الكتابة) dan Latihan Mendengarkan  (التدريبات على الاستماع) tentang العنوان
untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
Mengorganisasikan peserta didik
Menanya
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v  Mengajukan pertanyaan tentang
Siswa melakukan tanya jawab dengan menggunakan  kata, frasa dan kalimat  bahasa Arab tentang
ª  Latihan Menulis ( التدريبات على الكتابة) dan Latihan Mendengarkan  (التدريبات على الاستماع) tentang العنوان
baik secara individu maupun kelompok.
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya  :
Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
Mengumpulkan informasi
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v  Mengamati obyek/kejadian,
v  Membaca sumber lain selain buku teks,
mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel tentang
ª  Latihan Menulis ( التدريبات على الكتابة) dan Latihan Mendengarkan  (التدريبات على الاستماع) tentang العنوان
v  Mengumpulkan informasi
Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaitu
ª  Latihan Menulis ( التدريبات على الكتابة) dan Latihan Mendengarkan  (التدريبات على الاستماع) tentang العنوان
v  Aktivitas
ª  Peserta didik diminta melakukan latihan menulis Latihan  ( التدريبات على الكتابة)
ب.   رَتِّبْ الكَلِمَات اِبْتِدَاءً مِن الكلمة المُلَوَّنَة !
1.         مَسْعُوْد هَذِهِ السَّابِع اِسْمِىْ أَنَا بِطَاقَتِىْ فِي الْفَصْلِ طَالِب
2.         قَرِيْبٌ صَدِيْقِىْ مِنْ وَبَيْتُ بَعِيْدٌ بَيْتِىْ عَنْ مَدْرَسَتِهِ  مَدْرَسَتِىْ
3.         "دَارُ السَّلاَم" فِىْ شَارعِ الْمَسْجِد 23 كَالِيْبَارُوْ عُنْوَانُرَقم جُوكْجَاكَرْتَا
4.         081967453990 وَرَقْمُ أَبِىْ مَحْمُوْلِهِ تِلْفُوْنِ (021) 5648976 رَقْمُ
5.         قَرْيَةِ مِنْ قَرْيَةُ قَرِيْبَةٌ سُوْكَاجَادِىسُوْكَامَانْدِى
ª  Latihan Mendengarkan  (التدريبات على الاستماع)
Dengarkan kata/kalimat Arab yang disebutkan ustadmu dan cocokkan dengan jawaban yang tersedia serta tulis di kotak jawaban yang telah disediakan
v  Mempraktikan
v  Mendiskusikan
v  Saling tukar informasi tentang  :
ª  Latihan Menulis ( التدريبات على الكتابة) dan Latihan Mendengarkan  (التدريبات على الاستماع) tentang العنوان
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Mengkomunikasikan
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
ª  Latihan Menulis ( التدريبات على الكتابة) dan Latihan Mendengarkan  (التدريبات على الاستماع) tentang العنوان
v  Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.
v  Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
ª  Latihan Menulis ( التدريبات على الكتابة) dan Latihan Mendengarkan  (التدريبات على الاستماع) tentang العنوان
v  Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
v  Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah
Mengasosiasikan
Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: ……
v  Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v  Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
ª  Latihan Menulis ( التدريبات على الكتابة) dan Latihan Mendengarkan  (التدريبات على الاستماع) tentang
v  Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
ª  Latihan Menulis ( التدريبات على الكتابة) dan Latihan Mendengarkan  (التدريبات على الاستماع) tentang العنوان
60
menit
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)

Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
  • Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
  • Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
  • Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
  • Mengagendakan pekerjaan rumah.
  • Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
10
menit

F.      Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan 
1.       Teknik Penilaian
a.       Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1)      Tes Tertulis
a)       Pilihan ganda
b)      Uraian/esai
2)      Tes Lisan
b.      Penilaian Kompetensi Keterampilan
1)      Proyek, pengamatan, wawancara
ª  Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
ª  Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
ª  Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2)      Portofolio / unjuk kerja
ª  Laporan tertulis individu/ kelompok
3)      Produk,
2.       Instrumen Penilaian
a.       Pertemuan Pertama (Terlampir)
b.       Pertemuan Kedua (Terlampir)
c.       Pertemuan Ketiga (Terlampir)
d.       Pertemuan Keempat (Terlampir)

3.       PembelajaranRemedial dan Pengayaan
a.       Remedial
v  Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
v  Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya
ª  Jika setelah tes atau ulangan didapati banyak siswa yang nilainya belum mencapai nilai minimal  maka remedial yang digunakan adalah remedial teaching yakni guru menjelaskan kembali materi pelajaran sesuai dengan indikator  yang kebanyakan siswa belum mampu menjawabnya, namun jika hanya beberapa orang siswa saja maka cukup dengan remedial test yakni siswa diberikan kesempatan untuk belajar terlebih dahulu kemudian kembali mengerjakan soal dengan indikator soal yang sama, tidak harus semua soal yang sudah  terjawab diberikan kembali.
ª  Remedial dilaksanakan pada waktu dan  hari tertentu yang disesuaikan, seperti pada akhir jam belajar apabila masih ada waktu, atau di luar jam pelajaran sesuai kesepakatan antara siswa dan guru.

b.      Pengayaan
v  Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
v  Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
v  Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya
ª  Guru meminta setiap siswa memperlihatkan lembar  nilai yang diperolehnya pada setiap latihan (tadribat) dan ulangan (tamrinat) kepada orangtuanya dengan memberikan komentar dan paraf. Cara lainnya dapat juga dengan mengunakan buku penghubung kepada orang tua yang berisi tentang perubahan prilaku siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran atau berkomunikasi langsung memalui telepon, tentang perkembangan prilaku anaknya.





                                                                                                   ……………

Mengetahui
Kepala SMP N/S                                                  Guru Mata Pelajaran




……………………………………                        …………………………………….
NIP/NRK.                                                            NIP/NRK.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Silabus Pembelajaran